RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 1

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 1

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar: 
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku 
  • Menunjukkan jenis barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia dari teks paparan iklan. 

4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku 
  • Membuat struktur teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.


Matematika
Kompetensi Dasar: 
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana 
  • Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang 

4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka 
  • Menyelesaikan permasalahan matematika yang melibatkan perkalian.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menunjukkan jenis barang yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia dari teks paparan iklan dengan teliti 
  • Dengan mengamati papan reklame, siswa mampu menjelaskan struktur teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa dengan percaya diri. 
  • Dengan bekerja sama dalam kelompok, siswa mampu membuat struktur teks paparan iklan ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa dengan mandiri 
  • Dengan mengolah informasi yang disediakan, siswa mampu menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang dengan teliti 
  • Dengan mengolah informasi yang disediakan, siswa mampu menyelesaikan permasalahan matemtaika yang melibatkan perkalian dengan rasa ingin tahu. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Kegiatan ekspor dan impor 
• Struktur teks paparan iklan 
• Perpangkatan dua sebagai perkalian berulang 
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, Teks bacaan tentang kegiatan ekspor dan impor, teks bacaan tentang unsur-unsur papan reklame, gambar iklan atau reklame, majalah, surat kabar

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
  • Siswa membaca teks bacaan pembuka yang berjudul “Papan Reklame Toko Mebel”. Bacaan ini merupakan bacaan yang dipakai untuk membuka pembelajaran yang nantinya akan menghubungkan reklame dengan kegiatan ekspor dan impor. 
  • Siswa mengaitkan isi bacaan dengan pengalaman sehari-hari tentang reklame. Guru menstimulus diskusi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti : Apa yang kamu perhatikan pertama kali ketika kamu melihat papan reklame? 
  • Siswa menuliskan jawaban mereka pada kolom yang disediakan, kegiatan ini bisa dikerjakan secara individual atau berpasangan dengan teman sebangku (disesuaikan dengan kondisi kelas) 
  • Siswa mengamati gambar reklame atau iklan dari majalah/koran atau media apa saja, atau dari pengalaman mereka sehari–hari. 
  • Siswa menyimak hal-hal yang terdapat pada iklan/reklame tersebut.
  • Siswa membaca struktur teks yang mereka temukan pada iklan/reklame, baik dari segi warna, jenis, ukuran dll.
  • Kegiatan pengamatan ini dilanjutkan dengan kegiatan yang disebut “Berotasi Mencari Informasi” dimana siswa diberi kesempatan untuk mencari dan bertukar informasi dengan teman-temannya. 
  • Siswa mengikuti instruksi kegiatan seperti tertera pada buku teks siswa, yaitu membuat daftar pertanyaan yang ingin mereka tanyakan kepada teman-temannya pada saat bertukar informasi. 
  • Siswa dibimbing untuk memahami instruksi tertulis yang diberikan: Buatlah tabel berdasarkan pertanyaan yang telah kamu buat. Satu pertanyaan, satu kolom. 
  • Letakkanlah tabelmu di atas mejamu. Lalu, berpindahlah ke meja yang lain. Teman dari meja yang lain juga akan berputar dan pindah ke mejamu. 
  • Ketika sampai di meja pasangan lain, baca pertanyaan pada setiap kolom, dan jawablah. 
  • Lakukanlah hal yang sama beberapa kali lagi sampai semua kelompok sudah dikunjungi. 
  • Kembalilah ke tempat dudukmu dan bacalah jawaban yang diberikan oleh teman-temanmu. 
  • Rapikan dan hiasi tabelmu dan tempelkan di dinding kelas agar dapat dibaca oleh teman-temanmu. 
  • Siswa menggali informasi dari teks bacaan tentang perdagangan antarnegara. Bacaan ini memberikan informasi kepada siswa tentang kegiatan ekspor dan impor. 
  • Guru memberikan bimbingan dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan acuan dalam mencari informasi seperti: Barang-barang apa saja yang diekspor? Barang-barang apa saja yang diimpor? Mengapa kegiatan ekspor impor penting? 
  • Siswa mengumpulkan kosa kata baru/sulit yang mereka temukan dalam bacaan pada tabel yang disediakan. Kegiatan ini ditujukan untuk memperluas pengetahuan siswa tentang kosa kata Bahasa Indonesia dan memperdalam pemahaman siswa tentang topik bacaan. 
  • Siswa menggunakan pemahamannya tentang struktur teks reklame dalam melakukan tanya jawab dalam kelompok.
  • Siswa bekerjasama dalam kelompok untuk mengisi tabel yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang menguji pemahaman siswa tentang struktur teks reklame.
  • Siswa membaca dialog singkat yang menjembatani peristiwa konstekstual yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari mereka dengan konsep matematika. 
  • Siswa mengamati penjelasan tentang bilangan perpangkatan dua pada buku teks. 
  • Siswa menggunakan penalarannya untuk mencari keterkaitan konsep matematika bilangan perpangkatan dua dengan permasalahan sehari-hari.
  • Siswa menguji pemahamannya dengan memecahkan beberapa soal matematika yang disajikan di buku siswa.
  • Siswa mengkomunikasikan pemahamannya tentang bilangan perpangkatan dua dan kaitannya dengan perkalian yang berulang melalui soal-soal cerita matematika.
  • Siswa menuliskan hal-hal yang sudah dipelajarai, pahami dan lakukan. Siswa menggunakan format refleksi yang disediakan pada buku siswa. Guru membimbing siswa supaya siswa bisa menuliskan secara detil apa saja kegiatan yang sudah dilakukan dan hal-hal yang sudah mereka pahami.

c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 1"

Post a Comment