Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
- Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
- Menjelaskan gerak tari bertema sesuai dengan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti.
4.11 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
- Merangkaikan hasil eksplorasi gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan properti menjadi tarian pendek.
- Menentukan iringan musik yang akan digunakan untuk mengiringi rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi yang telah dibuat.
PJOK
3.8 Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
- Menjelaskan konsep gaya dada dalam berenang.
4.8 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air.
- Melakukan koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya dada.
- Melakukan cara bernapas renang gaya dada.
- Melakukan koordinasi gerak pukulan kaki-tarikan lengan dan pernapasan renang gaya dada.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
- Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat. memengaruhi kesehatan.
- Mencari informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
IPA
3.3 Mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya.
- Menjelaskan organ tubuh pada sistem peredaran darah manusia dan hewan.
4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
- Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh pada sistem peredaran darah manusia.
C. Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengingat teknik-teknik dasar renang gaya dada, siswa menyebutkan teknik-teknik dasar renang gaya dada dengan percaya diri.
- Dengan mengamati gambar gerakan koordinasi gerakan kaki dan tangan serta pernapasan, siswa dapat menuliskan cara melakukan gerakan koordinasi tangan dan kaki serta pernapasan dalam renang gaya dada dengan cermat.
- Dengan kegiatan mencari tahu dengan studi pustaka, diskusi, wawancara, observasi, dan pengamatan, siswa dapat menyebutkan fungsi jantung dan pembuluh darah, dan penyakit pada pembuluh darah dengan teliti.
- Dengan memperagakan gerakan tari menirukan kupu-kupu, siswa dapat melakukan gerakan tari dengan properti selendang dan iringan lagu kupu-kupu dengan percaya diri.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: cara melakukan gerakan-gerakan dalam renang gaya dada, fungsi pembuluh darah dan jantung, gerakan-gerakan tari
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, peralatan dan perlengkapan renang, dan properti tari: selendang.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
- Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
- Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
• Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Kesehatan manusia dipengaruhi oleh sistem peredaran darah.
• Berikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi siswa untuk memberikan tanggapan atau bertanya berkaitan dengan narasi/pernyataan yang terdapat pada buku siswa.
• Guru menegaskan kembali tanggapan dan menjawab setiap pertanyaan siswa. Guru juga mengapresiasi tanggapan dan jawaban yang diberikan oleh setiap siswa.
- Siswa mengingat teknik-teknik dasar dalam renang gaya dada.
- Siswa mengamati gambar yang berkaitan dengan teknik-teknik dasar lanjutan renang gaya dada, antara lain gerak koordinasi kaki dan tangan, bernapas, dan gerak mengkoordinaskan gerak pukulan kaki, tarikan lengan, dan pernapasan dalam renang gaya dada.
- Selesai mengamati, siswa menuliskan pada kolom yang tersedia pada buku siswa tentang cara melakukan berbagai teknik renang gaya dada sesuai gambar.
- Siswa melakukan pengamatan gambar untuk mencari informasi tentang gerak dasar renang.
Eksplorasi: ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara detail dan cermat untuk mencari informasi tentang gerak dasar renang.
Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna.
Komunikasi: informasi yang siswa dapatkan melalui kedua kegiatan di atas, dikomunikasikan sehingga pemahaman siswa akan menjadi lebih lengkap dan mendalam. Fasilitasi sebuah diskusi kelas sehingga siswa dapat mengkomunikasikan hasil eksplorasi dan pengumpulan data, yang telah mereka lakukan.
• Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
• Setelah mengetahui teknik renang gaya dada, guru mengajak siswa untuk melakukan latihan.
- Siswa melakukan koordinasi gerakan tangan dan kaki, bernapas, dan gerak mengkoordinaskan gerak pukulan kaki, tarikan lengan, dan pernapasan dalam renang gaya dada.
- Sebelum melakukan aktivitas air, guru menjelaskan dan menekankan arti pentingnya pemanasan. Selain itu guru juga memberikan pemahaman tentang aktivitas-aktivitas pengenalan air sebelum melakukan aktivitas air. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin pemanasan. Pemanasan dilakukan dengan durasi waktu antara 10-15 menit.
- Selesai melakukan pemanasan, guru meminta siswa untuk mencari pasangan.
- Siswa melakukan latihan gerakan-gerakan dasar renang gaya dada secara berpasangan dan bergantian.
- Kegiatan ini harus dalam pengawasan penuh guru atau instruktur renang.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi olahraga, yakni renang gaya dada dengan manfaat berbagai olahraga. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah Olahraga banyak macamnya, tidak hanya renang. Ada sepak bola, senam, dan lain sebagainya. Mengapa olahraga harus dilakukan oleh manusia? Karena, banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga, di antaranya peredaran darah kita menjadi lancar. Selain peredaran darah lancar, apa manfaat lainnya dari olah raga?
Siswa mencari informasi mengenai manfaat olahraga.
Alternatif pembelajaran yang dilakukan, antara lain sebagai berikut.
1. Studi pustaka.
2. Diskusi.
3. Wawancara.
4. Pengamatan.
Guru memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi olahraga peredaran darah dan kesehatan jantung. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah Peredaran darah yang lancar sangat penting bagi kehidupan manusia. Tahukah kamu alat peredaran darah pada manusia? Jantung dan pembuluh darah adalah alat peredaran darah manusia. Tugaskan anak untuk mengamati gambar.
- Siswa menuliskan fungsi jantung dan pembuluh darah pada kolom yang tersedia di buku siswa.
• Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
- Siswa diminta untuk menyebutkan penyakit-penyakit pada pembuluh darah.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antarkompetensi aktivitas olahraga dengan berbagai gerakan-gerakan tari. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah bergerak melakukan gerak-gerak tari juga merupakan bentuk olahraga. Mengapa demikian? Karena menari berarti menggerakkan anggota-anggota tubuh kita. Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah bereksplorasi membuat gerak-gerak tari dengan menggunakan selendang. Eksplorasi yang kamu lakukan bisa menirukan gerak-gerak kupu-kupu.
- Siswa memperagakan gerakan tari hasil eksplorasinya/dibuatnya sendiri yang menirukan gerakan kupu-kupu pada kegiatan pembelajaran sebelumnya dengan menggunakan properti selendang.
- Setelah bisa melakukan gerakan, siswa diminta untuk memilih iringan dan menghafalnya.
- Setelah gerakan bisa dan iringan lagunya sudah hafal, siswa diminta untuk melakukan gerakan tari dan menyanyikan lagu sebagai iringan secara bersamaan.
- Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di halaman, ruang kesenian, dan aula.
• Siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkan selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku keseharian berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, yaitu aktivitas renang, tari, fungsi jantung dan peredaran darah.
• Siswa menjawab pertanyaan: Mengapa olahraga membantu peredaran darah menjadi lancar?
• Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat meminta bantuan kepada orang tuanya dengan berdiskusi dan bertukar pendapat.
c. Kegiatan Penutup
- Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 5"
Post a Comment