RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 4

RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 4 tentang lingkungan sehat. Silahkan di share RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 4.

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema               :  Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke     :  4
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 4

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PPKn
Kompetensi Dasar 
3.2 Memahami hak, kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah. 
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah. 
Indikator 
• Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah. 
• Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar 
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
Indikator 
Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia. 
Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia. 
Menyebutkan pentingnya kesehatan bagi manusia. 

Matematika
Kompetensi Dasar 
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan dan mengamati pola. 
4.10 Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik. 
Indikator 
• Menyajikan relasi dalam grafik.

IPS
Kompetensi Dasar 
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia. 
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia. 
Indikator 
• Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam. 
• Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat mengetahui cara hidup selaras dengan lingkungan alam. 
  • Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat mengetahui dampak jika hidup tidak selaras dengan lingkungan. 
  • Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui contoh aktivitas manusia yang tidak selaras dengan lingkungan alam. 
  • Dengan menulis, siswa dapat mengetahui pentingnya kesehatan bagi dirinya sendiri.

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: cara hidup selaras dengan lingkungan alam, dampak jika hidup tidak selaras dengan lingkungan terhadap kesehatan, aktivitas manusia yang tidak selaras dengan lingkungan alam, keadaan lingkungan sekolah, pentingnya kesehatan bagi dirinya sendiri. 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
• Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan menunjukkan sebuah gambar orang yang membuang sampah ke sungai. Kemudian, siswa disuruh mengamati secara seksama. Secara individual, siswa diminta untuk mencoba menganalisis peristiwa atau kejadian yang tampak pada gambar. 
• Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati siswa. 
• Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
• Guru memberikan narasi yang menghubungkan kompetensi antara perilaku menjaga lingkungan dengan relasi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun yang menjadi kata kunci adalah “pengelompokan jenis-jenis sampah”.
- Siswa diminta untuk mengerjakan soal latihan secara mandiri berkaitan dengan melengkapi kelompok relasi “kurang dari” dan menggambarnya pada diagram kartesius. 
- Guru berkeliling dan membantu siswa yang mengalami kesulitan. 
- Gunakan rubrik melengkapi kelompok relasi “kurang dari” dan gambar diagram kartesius untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi kelompok relasi dengan pentingnya menjaga kesehatan. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah Setiap kelompok yang telah dibentuk bertugas memungut sampah dan membersihkan daerah sekitarnya sesuai ketentuan. Siti dan teman-temannya semangat dalam membersihkan lingkungan. Mereka menyadari bahwa lingkungan kotor sumber penyakit dan akan mengganggu kesehatan manusia. Oleh karena itu, Siti dan teman-temannya semangat untuk selalu hidup sehat. 
Kesehatan merupakan harta yang terpenting bagi kehidupan manusia. Mengapa demikian? Dengan kondisi yang sehat, manusia bisa melakukan banyak aktivitas misalnya bekerja.
- Guru meminta siswa untuk menuliskan pentingnya kesehatan bagi diri sendiri. 
- Agar lebih menarik dan berkesan lakukan kegiatan ini di luar kelas, seperti di halaman atau taman sekolah. 
- Guru meminta setiap siswa mempresentasikan hasil tulisannya di hadapan guru dan teman-temannya. 
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk memberikan tanggapan. 
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa. 
- Gunakan rubrik menulis pentingnya kesehatan bagi diri sendiri.
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman dan pengalaman yang sudah diperolehnya selama kegiatan pembelajaran berlangsung. 
• Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa berkaitan dengan perilaku yang selaras dengan lingkungan, kelompok relasi, dan pentingnya kesehatan bagi diri sendiri.
• Siswa diminta untuk menceritakan pengalamannya dan keluarganya berkaitan dengan perilaku yang selaras dengan lingkungan. 
• Untuk mengoptimalkan hasilnya, siswa bekerja sama kepada orang tuanya dengan berdiskusi dan tukar pendapat.

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 4"

Post a Comment