Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan (ST1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
- Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
Menggambar letak benda (atau rumah di sekitar).
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mengidentifikasi pentingnya manfaat air bagi makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan) dari teks.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menyajikan teks tentang pentingnya air dalam kehidupan makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan).
C. Tujuan Pembelajaran
- Dengan kegiatan mengamati gambar anak menyiram bunga siswa dapat menyebutkan manfaat air bagi makhluk hidup dengan percaya diri.
- Dengan kegiatan menulis manfaat air bagi manusia, siswa dapat menyebutkan manfaat air bagi manusia dengan tekun.
- Dengan keterampilan mengamati gambar tentang manfaat air, siswa dapat menyajikan hasil pengamatannya secara tertulis dengan cermat.
- Dengan menulis hasil pengamatan gambar, siswa dapat mengidentifikasikan manfaat air bagi manusia, tumbuhan, dan hewan dengan mandiri.
- Dengan latihan menentukan arah suatu benda/tempat, siswa dapat menggambar arah dan letak suatu benda/tempat dengan cermat.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: manfaat air bagi kehidupan manusia dan lingkungan, berbagi manfaat air bagi manusia, tanaman, dan hewan, cara menentukan letak benda.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan, dan gambar tentang peranan dan manfaat air.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
- Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
- Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
- Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
- Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
- Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar.
- Guru menstimulus pengetahuan dan daya analisa siswa dengan mengajukan pertanyaan pada buku siswa: Mengapa air penting bagi kehidupan manusia dan lingkungannya?
- Biarkan siswa mengembangkan jawabannya secara mandiri dan mampu menjadikan benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya sebagai sumber inspirasi.
- Secara mandiri siswa diminta untuk mengamati beberapa gambar berkaitan dengan manfaat air.
- Siswa menuliskan hasil pengamatan gambar pada kegiatan sebelumnya.
- Guru menciptakan suasana belajar yang demokratis, sehingga masing-masing siswa secara mandiri mampu menuliskan hasil pengamatannya sesuai dengan imajinasi dan analisanya.
- siswa menggambar petunjuk arah yang digunakan Edo menuju kelas.
- Siswa menggambar sesuai dengan petunjuk pada buku siswa.
- Guru membuat ilustrasi sebagai penghubung antar kompetensi, air dengan letak benda. Adapun kata kunci yang digunakan sebagai penghubung adalah galon-galon air.
- Siswa memahami arah mata angin, sebagai dasar untuk mengetahui letak suatu benda.
- Agar lebih menyenangkan, guru dapat membuat kreasi pembelajaran agar siswa dapat dengan mudah memahami konsep mata angin, misalnya dengan simulasi.
- Setelah memahami mengenai konsep arah mata angin, siswa diminta untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang letak suatu benda dengan mengerjakan perintah soal pada buku siswa.
- Dengan memperhatikan letak Edo dan galon, siswa mengerjakan soal secara mandiri.
- Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Mengapa kamu butuh air? secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
- Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai manfaat air bagi manusia.
- Siswa mengamati dan mengidentifikasi kegiatan anggota keluarganya yang memerlukan air.
- Selesai melakukan pengamatan, siswa menuliskan hasilnya pada kolom yang tersedia pada buku siswa.
- Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.
c. Kegiatan Penutup
- Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
- Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
- Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
- Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini.
- Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
- Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 1"
Post a Comment