Berikut ini adalah RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 3. silahkan di share.
RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 3
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
- Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
• Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
4.10 Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik.
Indikator
• Menyajikan relasi dalam koordinat.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami hak kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
• Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
• Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
C. Tujuan Pembelajaran
- Dengan menjawab pertanyaan dari guru tentang kewajiban terhadap lingkungan rumah, siswa menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah.
- Dengan mengamati, siswa dapat menunjukkan contoh relasi dalam kehidupan sehari-hari.
- Dengan latihan, siswa menyusun dua kelompok yang memiliki relasi dan menyajikan relasi tersebut pada diagram kartesius.
- Dengan menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah, siswa dapat menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah.
- Dengan membaca teks cara menjaga kesehatan tubuh dan badan, siswa dapat mengidentifikasi cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: kewajiban terhadap teman dan guru di sekolah, contoh korelasi dalam kehidupan sehari-hari, cara menentukan relasi di antara dua kelompok dan menggambarnya pada diagram kartesius, kewajiban terhadap lingkungan rumah, cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
- Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
- Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
• Guru mengajak siswa agar mampu menjadikan benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya berkaitan dengan subtema yang dipelajari sebagai sumber inspirasi dan bahan belajar.
- Siswa diminta untuk mengamati bunga-bunga yang terdapat di taman sekolah, di sekitar rumah, atau kebun bunga.
- Fokuskan pengamatan siswa pada warna-warna bunga.
- Siswa diminta untuk menuliskan hasil pengamatannya.
- Siswa diminta untuk mengelompokkan jenis bunga dan warna bunga.
- Siswa diminta untuk membuat relasi antara kelompok jenis bunga dan kelompok warna bunga.
- Setelah mengetahui relasi antar kelompok, siswa diminta untuk melengkapi diagram kartesius dengan menentukan titik koordinat relasi antar kelompok.
- Guru meminta siswa mengerjakan secara mandiri.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
- Siswa diminta menyebutkan kewajiban terhadap lingkungan rumah dan akibatnya jika tidak menjalani kewajiban tersebut.
siswa menuliskan pengalamannya dalam menanam dan merawat tanaman di rumah.
Guru memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk mengemukakan pengalamannya dengan percaya diri.
- Siswa diminta membaca teks berjudul Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dan Badan
• Selesai membaca, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan pada buku siswa berdasarkan isi bacaan.
• Siswa juga diminta untuk mengidentifikasi kata baku dan kata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
• Guru membangun suasana belajar yang penuh keakraban, sehingga siswa percaya diri dalam mengerjakan tugas.
• Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan serta mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang kewajiban terhadap lingkungan rumah, menunjukkan relasi dalam kehidupan sehari-hari, dan cara menjaga kesehatan tubuh dan badan.
• Siswa diminta mengamati keadaan lungkungan rumahnya. Siswa diminta mengidentifikasi jenis taaman yang ditanam dan menceritakan cara menjaga dan merawat tanaman tersebut.
• Untuk mengoptimalkan kerja sama dengan orang tua, siswa dapat membuat check list untuk ditunjukkan kepada orang tuanya.
c. Kegiatan Penutup
- Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
- Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
- Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
- Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini.
- Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
- Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 3"
Post a Comment