Berikut ini adalah RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 6.
Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
- Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
IPS
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Indikator
- Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam.
- Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
- Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia.
- Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia.
- Menyimpulkan bacaan yang berkaitan dengan seputar kesehatan.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami hak, kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
- Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
- Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
- Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap guru dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
- Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
- Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
C. Tujuan Pembelajaran
- Dengan melakukan, siswa dapat membuat apotek hidup di lingkungan sekitarnya.
- Dengan mengingat, siswa dapat mengetahui kewajiban terhadap teman dan guru, kewajiban terhadap anggota keluarga, kewajiban terhadap lingkungan rumah dan sekolah, serta kewajiban terhadap Tuhan.
- Dengan membaca, siswa dapat mengetahui jenis-jenis tanaman obat yang ditanam di apotek hidup.
- Dengan menulis kesimpulan, siswa dapat memahami apotek hidup.
- Dengan membuat laporan, siswa dapat mengetahui keterkaitan antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: cara membuat apotek hidup, kewajiban terhadap anggota keluarga, kewajiban terhadap lingkungan rumah dan sekolah, serta kewajiban terhadap Tuhan, jenis-jenis tanaman obat yang ditanam di apotek hidup menuli kesimpulan bacaan tentang apotk hidup, keterkaitan antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks, tanaman obat, dan peralatan menanam
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
- Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
- Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi: Banyak cara untuk menciptakan lingkungan sehat. Apa yang akan kamu lakukan untuk menciptakan lingkungan sehat?
• Berikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi siswa untuk memberikan tanggapan atau bertanya berkaitan dengan narasi/pernyataan yang terdapat pada buku siswa.
• Guru mengkonfirmasi tanggapan dan menjawab setiap pertanyaan siswa.
- Guru meminta siswa bersama-sama membuat apotek hidup sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat pada buku siswa.
- Pergunakan gambar yang tersedia pada buku siswa untuk menstimulus ide, gagasan, dan pendapat siswa.
- Tekankan pada pembagian tugas dan peran setiap anggota kelompok.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi membuat apotek hidup dengan kerja sama. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah dalam membuat apotek hidup secara kelompok atau bersama-sama perlu adanya kerja sama. Kerja sama merupakan kewajiban bagi setiap orang dalam suatu kelompok tertentu pada saat melaksanakan kegiatan.
- Guru meminta siswa untuk mengamati gambar tentang kewajiban manusia terhadap teman dan guru, anggota keluarga, lingkungan rumah dan sekolah, serta kewajiban terhadap Tuhan.
- Guru juga meminta siswa untuk menuliskan akibat jika tidak melaksanakan kewajiban.
- Siswa diminta untuk menuliskannya pada tabel-tabel yang terdapat di buku siswa.
- Guru meminta siswa untuk mengerjakan secara mandiri.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
Guru membangun suasana yang menyenangkan dan penuh keakraban, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan pengalamanya secara mandiri dan percaya diri.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
- Siswa diminta membaca bacaan yang berjudul Apotek Hidup Koleksi 100 Jenis Tanaman Obat.
- Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di perpustakaan, halaman, ruang kesenian, aula, dan sebagainya.
- Guru memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk membuat kesimpulan dari bacaan.
- Ajarkan kepada siswa untuk menemukan ide atau gagasan utama pada setiap paragraf dan menggunakan kosakata baku dan tanda baca yang benar.
- Guru meminta setiap siswa menulis dan membacakan kesimpulan yang telah dibuat.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap kesimpulan yang telah dibuat siswa.
- Guru meminta siswa melakukan studi pustaka untuk mencari informasi pada buku, majalah, surat kabar, atau internet tentang keterkaitan antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.
- Kemudian, siswa diminta membuat laporan berdasarkan informasi yang telah diperoleh.
- Guru meminta siswa untuk mengerjakannya secara mandiri.
- Guru memberikan panduan kepada siswa yang mengalami kesulitan.
- siswa diminta untuk membuat analisa : Apakah pembuatan apotek hidup merupakan aktivitas manusia yang ada keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungan? Jelaskan!
- Bangun suasana belajar yang penuh keakraban sehingga siswa percaya diri menuliskan hasil analisis yang dilakukan.
- Ajarkan siswa untuk menuliskan secara efektif dan komunikatif.
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari berkaitan dengan apotek hidup, kewajiban manusia, dan keterkaitan antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya.
• Siswa diminta untuk mengemukakan perilaku yang telah dilakukannya dalam rangka menciptakan lingkungan sehat di rumah dan sekolah.
• Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat bekerja sama dengan orang tuanya dengan berdiskusi dan bertukar pendapat.
c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 6"
Post a Comment