RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 4

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema               :  Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan (ST1)
Pembelajaran ke     :  4
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti

  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 4

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah
  • Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
  • Menjelaskan akibat tidak dilaksanakannya kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah.
  • Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap orang tua dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
  • Menceritakan kembali isi teks bacaan.

4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
  • Menulis cara mengatasi bencana alam berupa air demi kesehatan diri dan lingkungan.

Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
4.8 Menggambarkan denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
  • Menentukan letak benda atau tempat dari denah atau peta.
  • Menggambar denah.

IPS
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
  • Mengidentifikasi gejala alam yang sering terjadi yang berkaitan dengan kondisi geografis setempat.

4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
  • Menyimpulkan cara mengatasi gejala alam yang berkaitan dengan kondisi geografis setempat.
  • Mengidentifikasi perilaku-perilaku dalam menjaga lingkungan geografis setempat.

C. Tujuan Pembelajaran
  • Dengan mengamati peta, siswa dapat menemukan letak suatu tempat dengan menggunakan sistem koordinat dengan cermat.
  • Dengan mengerjakan latihan menentukan letak 10 kabupaten yang terdapat pada peta Jawa Tengah, siswa dapat menemukan letak 10 kabupaten yang terdapat pada peta Jawa Tengah berdasarkan garis bujur dan garis lintang dengan teliti.
  • Dengan berdiskusi mengenai bencana alam yang disebabkan oleh manusia, siswa dapat menyebutkan bencana-becana alam yang disebabkan oleh perilaku manusia dengan mandiri.
  • Dengan studi pustaka tentang banjir, siswa menyebutkan sebab, akibat, dan cara menanggulangi banjir dengan percaya diri.
  • Dengan menandai pernyataan tentang kewajiban menjaga lingkungan, siswa dapat membedakan perilaku-perilaku yang harus dilakukan dalam menjaga lingkungan dan perilaku-perilaku yang tidak boleh dilakukan dalam menjaga lingkungan dengan cermat.

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
suatu tempat di peta, cara menemukan letak suatu tempat pada peta berdasarkan garis bujur dan garis lintang, bencana-bencana alam yang dipengaruhi oleh perilaku manusia, sebab-sebab, akibat, dan cara menanggulangi banjir, perilaku-perilaku yang harus dilakukan dalam menjaga lingkungan.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar tentang bencana banjir, dan peta Jawa Tengah

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. 
  • Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan  pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
  • Pada awal pemebalajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan pertanyaan panduan yang ada di buku siswa. Oleh karena itulah, guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.

  1. Di mana kamu tinggal?
  2. Di daerah pegunungan, pesisir, atau perkotaan?
  3. Apakah daerahmu termasuk daerah yang sehat?
  4. Pernahkah terjadi bencana alam yang disebabkan oleh perilaku manusia?
  5. Apa yang kamu lakukan supaya lingkunganmu sehat dan terhindar dari bencana alam.

  • Siswa mengamati peta Provinsi Jawa Tengah.
  • Siswa mengamati tempat/daerah-daerah yang ada di peta Jawa Tengah berdasarkan titik koordinatnya.
  • Selama kegiatan berlangsung, guru keliling dan memandu siswa-siswa yang membutuhkan penjelasan secara individual.
  • selesai melakukan kegiatan pengamatan peta Provinsi Jawa Tengah, siswa menentukan 10 kabupaten pada peta Jawa Tengah dengan menentukan garis bujur dan garis lintangnya.
  • Siswa mengerjakan latihan secara mandiri.
  • Guru memfasilitasi kegiatan dengan menjelaskan garis bujur dan garis lintang.
  • Gunakan Rubrik menentukan letak suatu tempat berdasarkan garis buju dan garis lintang.
  • Guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi dengan membentuk kelompok diskusi. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 anak.

Fokus kegiatan
  1. Eksplorasi: ajarkan siswa untuk mengeksplorasi berbagai sumber mengenai bencana yang disebabkan karena perilaku manusia.
  2. Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
  3. Komunikasi: Fasilitasi sebuah diskusi kelas di mana siswa mengkomunikasikan hasil pencariannya.

  • Siswa diminta mengamati gambar secara cermat dan mengidentifikasi peristiwa yang tampak pada gambar.
  • Biarkan imajinasi dan apresiasi masing-masing siswa berkembang secara mandiri.
  • Kegiatan studi pustaka dilakukan dengan meminta siswa untuk mencari gambar dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai bencana banjir.
  • Siswa menandai pernyataan-pernyataan yang ada di buku siswa sesuai dengan sikap dan perilakunya masing-masing.
  • Guru membangun suasana belajar penuh keakraban sehingga siswa dapat mengeskpresikan jawabannya secara jujur.
  • Apresiasi semua jawaban siswa sehingga muncul kepercayaan diri pada diri siswa.
  • Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Dapatkah kamu berperilaku supaya terhindar dari bencana alam karena diakibatkan perilaku manusia? Bagaimana seharusnya perilakumu?
  • Secara mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  • Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini perilaku manusia yang menyebabkan terjadinya bencana.
  • Siswa menceritakan pengalamannya bersama keluarga ketika mengalami bencana alam.
  • Apabila siswa dan keluarganya belum pernah mengalami kejadian bencana alam, siswa diminta untuk menceritakan pengalamannya bersama keluarga dalam menjaga lingkungan rumah dan sekitarnya agar tetap bersih dan sehat.

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. 
  • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. 
  • Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. 
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. 
  • Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 4"

Post a Comment