RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 3

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
Sub Tema               :  Cara Menjaga Kerukunan (ST3)
Pembelajaran ke     :  3
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 3

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
3.3.11 Menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang politik. 
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.11 Memaparkan pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang politik bagi Indonesia.

Matematika
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala.
3.4.5 Menjelaskan pengertian skala.
3.4.7 Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan skala.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
4.8.2 Menentukan letak benda atau tempat dari denah atau peta yang diberikan.
4.8.3 Menggambar denah sederhana dengan skala.

PPKn
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.4.7 Menjelaskan akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di rumah.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat. 
4.4.7 Membuat ikrar untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di rumah.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan mengamati gambar denah, siswa menentukan letak benda atau tempat tertentu. 
  • Dengan mengamati denah, siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan letak benda atau tempat tertentu. 
  • Dengan menggunakan gambar denah dan skala yang ditentukan siswa menentukan jarak sebenarnya. 
  • Dengan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan. 
  • Dengan menjelaskan akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di rumah, siswa mampu membuat ikrar untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. 
  • Dengan berdiskusi dalam kelompok siswa dapat menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang politik. 
  • Dengan menjelaskan manfaat perdagangan internasional, siswa mampu memaparkan pentingnya kegiatan internasional dalam bidang politik bagi Indonesia. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: 
Menentukan letak benda atau tempat tertentu 
Jarak sebenarnya berdasarkan skala terentu 
Akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan 
Manfaat perdagangan 
Pentingnya kegiatan internasional dalam bidang politik bagi Indonesia 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang perdagangan internasional, konsep perbandingan

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. 
  • Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
    Pembelajaran diawali dengan mengamati gambar pada buku siswa. 
  • Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa. 
  • Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang gambar tersebut. 
  • Siswa mengingat kembali tentang denah rumah, mengapa denah dibuat, untuk apa denah digunakan, bagaimana menggunakan denah. 
  • Guru memberikan pertanyaan arahan seperti: Bagaimana cara mencapai rumah Beni dari Kantor Pos? Dimana letak SMPN 5? 
  • Siswa diminta untuk pro-aktif dalam diskusi. 
  • Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan di buku siswa dengan benar berdasarkan hasil pengamatannya. 
  • Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas 
  • Setelah siswa selesai mendiskusikan tentang denah, siswa diarahkan kegiatan selanjutnya. 
  • Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatannya. 
  • Guru menjelaskan untuk mencapai suatu tempat dapat menggunakan beberapa alternatif. 
  • Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan dengan benar. 
  • Guru membimbing siswa dalam menentukan letak suatu tempat. 
  • Guru membimbing siswa yang memerlukan pemahaman. 
  • Kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan denah yang sedang diamati. 
  • Siswa diminta mengulang kembali pembelajaran tentang konsep perbandingan. 
  • Siswa diminta mengulang kembali cara menghitung menggunakan skala perbandingan. 
  • Guru membimbing siswa dalam memahami kembali konsep perbandingan. 
  • Guru memberi pertanyaan arahan, seperti Apakah yang dimaksud dengan skala? Kapan kamu menggunakan skala? 
  • Siswa diminta untuk berlatih mengerjakan soal pada buku siswa. 
  • Siswa diminta untuk mengerjakan tugas secara mandiri. 
  • Siswa diminta untuk teliti dalam menghitung skala. 
  • Guru dapat berkeliling kelas untuk memastikan siswa dapat menghitung skala dengan benar. 
  • Guru dapat berkeliling kelas untuk membantu siswa yang memerlukan bantuan tentang cara menghitung skala. 
  • Kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan. 
  • Siswa diminta untuk menjelaskan penting nya perilaku menjaga persatuan dan kesatuan. 
  • Siswa menjelaskan manfaat dari perilaku tersebut 
  • Guru memberi pertanyaan arahan, seperti: Apa akibatnya jika kamu tidak mempunyai perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di rumah? 
  • Guru dapat membagi siswa kedalam kelompok yang terdiri dari 3-4 orang siswa. 
  • Bersama dengan kelompoknya, siswa mengidentifikasi akibat-akibat yangakanterjadiapabilatidakada rasa persatuan dan kesatuan. 
  • Siswa berdiskusi dan menggunakan keterampilan menanya dalam mencari informasi tentang akibat-akibat yang akan terjadi apabila tidak ada rasa persatuan dan kesatuan. 
  • Siswa membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri. 
  • Siswa mengingat kembali pembelajaran tentang perdagangan internasional. 
  • Guru menjelaskan bahwa perdagangan internasional tidak hanya berpengaruh dalam bidang ekonomi tetapi juga bidang politik. 
  • Siswa diminta untuk membuat tulisan essay tentang pengaruh kegiatan perdagangan internasional dalam bidang politik bagi Indonesia. 
  • Siswa dibagi kedalam kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa. 
  • Siswa diminta untuk menggali informasi melalui buku, majalah atau internet. 
  • Siswa diminta untuk mengikuti instruksi. 
  • Guru dapat berkeliling untuk memastikan siswa membuat laporan sesuai dengan instruksi 
  • Setelah selesai membuat laporan, siswa diarahkan kegiatan selanjutnya. 
  • Siswa diminta untuk memahami hubungan antara perdagangan dan politik. 
  • Siswa diminta mengemukakan pendapatnya tentang hubungan antara perdagangan dan politik. 
  • Guru dapat memberikan pertanyaan arahan, seperti: Mengapa politik dapat mempengaruhi kerja sama perdagangan antarnegara? 
  • Siswa diminta pendapatnya tentang pengaruh politik bagi perdagangan. 
  • Siswa melakukan diskusi untuk menambah pemahamannya. 
  • Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil laporan Pengaruh kegiatan perdagangan dalam bidang politik suatu negara secara mandiri dan percaya diri. 
  • Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun keterampilan komunikasinya.

REMEDIAL 
Latihan 1 Sebutkan 5 nama mata angin yang kamu ketahui! 
Latihan 2 Apakah nama mata angin yang teletak di antara Timur dan Selatan? 
a. Utara b. Barat Laut c. Tenggara d. Timur Laut
Latihan 3 Skala pada sebuah denah adalah 1 : 50.000. Rumah Edo dan SMPN 5 berjarak 5 km. Berapakah jarak rumah Edo dan SMPN5 pada denah? 
Latihan 4 Sebutkan kegiatan perdagangan yang kamu ketahui! 
Latihan 5 Sebutkan perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan! 

PENGAYAAN 
Latihan 1 Gambarlah denah sekolahmu. Tentukan semua ruangan yang terdapat di sekolah, petakan ruangan-ruangan tersebut di gambar denahmu! 
Tentukan skala pada gambar denahmu dan hitungah jarak antar ruangan dengan menggunakan skala tersebut!

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. 
  • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. 
  • Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. 
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. 
  • Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 3"

Post a Comment