RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 2

RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 2 silahkan di share. Dapat di copy paste dengan mudah. RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 2 sy share hanya untuk yang butuh saja. Semoga bermanfaat.

RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 2

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema               :  Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke     :  2
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 2

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PJOK
3.8 Memahami konsep salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air. 
  • Menyebutkan beberapa gaya renang. 

4.8 Mempraktikkan salah satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dalam aktivitas air. 
  • Melakukan gerak kaki renang gaya dada. 
  • Memperagakan gerak ayunan/ tarikan lengan renang. 

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari. 
  • Bereksplorasi melakukan gerak tari bertema sesuai dengan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti. 

4.11 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan. 
  • Merangkaikan hasil eksplorasi gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan properti.

IPA
3.3 Mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya. 
  • Mengenal organ tubuh pada sistem pencernaan manusia dan hewan. 

4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia. 
  • Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh pada sistem pencernaan manusia.

Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memengaruhi kesehatan. 

4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
  • Membuat kesimpulan bacaan tentang kesehatan manusia.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan menjawab pertanyaan dari guru tentang pentingnya pola hidup sehat, siswa dapat menyebutkan pentingnya menerapkan pola hidup sehat dengan percaya diri. 
  • Dengan mengingat pelajaran sebelumnya tentang gerakan renang, siswa menyebutkan gaya-gaya dalam olahraga renang dengan cermat. 
  • Dengan mengamati gambar gerakan tangan, kaki, dan meluncur, siswa mengemukakan cara melakukan gerakan-gerakan dasar dalam renang gaya dada dengan percaya diri. 
  • Dengan latihan melakukan gerakan tangan, kaki, meluncur dalam renang gaya dada, siswa dapat dapat melakukan gerakan kaki, tangan, dan meluncur dalam renang gaya dada dengan percaya diri. 
  • Dengan mengamati gambar organ pencernaan manusia, siswa dapat mengidentifikasi organ pencernaan manusia dengan teliti. 
  • Dengan membaca teks tentang penyakit maag, siswa dapat mengetahui penyakit maag dan penyakit-penyakit pada organ pencernaan manusia dengan mandiri. 
  • Dengan eksplorasi, siswa dapat membuat gerakan tari dengan properti selendang menirukan gerakan kupu-kupu dengan percaya diri.

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: 
cara-cara menerapkan pola hidup siswa, macam-macam gaya dalam renang, cara melakukan gerakan-gerakan dalam renang gaya dada, cara melakukan gerakan kaki dan tangan dalam renang gaya dada, penyakit maag dan penyakit-penyakit pada organ pencernaan manusia, cara membuat gerakan tari memakai properti dan iringan. 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks, pakaian renang, selendang

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
• Awal pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi. Pergunakan pertanyaan panduan yang tersedia pada buku siswa untuk mendorong munculnya ide dan tanggapan siswa. 
• Kegiatan ini juga dapat digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai materi pembelajaran yang akan dilakukan. 
- Guru meminta siswa mengingat berbagai gaya renang yang sudah dipelajari pada pembelajaran-pembelajaran sebelumnya dan menuliskan pada kolom yang ada pada buku siswa.
Alternatif pembelajaran yang bisa dilakukan: 1. Alternatif 1 Guru mempersilahkan siswa masing-masing siswa mengisi langsung kolom-kolom yang tersedia di buku siswa secara mandiri. 2. Alternatif 2 Guru memberikan panduan secara klasikal dengan menunjuk beberapa siswa untuk menjawab secara lisan dan siswa yang lain menyimak. Guru menegaskan kembali jawaban siswa dan mempersilahkan semua siswa mengisi kolom sesuai dengan jawab yang sudah disampaikan. 3. Alternatif 3 Guru meminta siswa untuk mengerjakannya secara berkelompok.
- Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan gambar untuk mencari informasi tentang gerak dasar renang. 
Eksplorasi: ajarkan siswa untuk mengeksplorasi dengan mengamati gambar secara detail dan cermat untuk memperoleh informasi tentang gerak dasar renang. 
Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna. 
Komunikasi: informasi yang siswa dapatkan melalui kedua kegiatan di atas, dikomunikasikan sehingga pemahaman siswa akan menjadi lebih lengkap dan mendalam. Fasilitasi sebuah diskusi kelas dengan cara siswa dapat mengkomunikasikan hasil eksplorasi dan pengumpulan data mereka. 
• Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
Untuk membantu siswa, guru dapat menerapkan alternatif pembelajaran berikut. Alternatif 1 Guru mengarahkan siswa untuk melakukan studi pustaka, untuk mencari informasi tentang gerak dasar renang melalui pengamatan gambar dan membaca pada buku, majalah, surat kabar, atau artikel dalam internet mengenai materi tersebut. Alternatif 2 Guru menyiapkan video, kemudian mengarahkan siswa untuk melakukan observasi melalui video. Alternatif 3 Guru mengarahkan siswa untuk melakukan wawancara dengan orang yang memiliki pengetahuan dan kompetensi di bidang renang. Alternatif 4 Guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi, dalam kelompok-kelompok maupun secara klasikal.
- Siswa melakukan gerakan tangan dan kaki pada renang gaya dada, serta gerakan meluncur. 
- Sebelum melakukan aktivitas air, guru menjelaskan dan menekankan arti pentingnya pemanasan. Selain itu, guru juga memberikan pemahaman tentang aktivitas-aktivitas pengenalan air sebelum melakukan aktivitas air. Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin pemanasan. Pemanasan dilakukan dengan durasi waktu antara 10-15 menit. 
- Selesai melakukan pemanasan, guru meminta siswa untuk mencari pasangan. 
- Siswa melakukan latihan gerakan-gerakan dasar renang gaya dada (gerakan tangan dan kaki) secara berpasangan dan bergantian. 
- Kegiatan ini harus dalam pengawasan penuh guru atau instruktur renang. 
- Gunakan Rubrik Latihan renang gaya dada untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
Catatan 
• Guru selalu menekankan pada aspek keselamatan diri dan orang lain selama melakukan gerakan-gerakan dasar renang gaya dada. 
• Sebelum melakukan aktivitas air, perlu dilakukan pengenalan air, seperti membasahi tubuh dengan air atau menceburkan tubuh ke air secara perlahan. Hal ini bertujuan agar tubuh siap dan mampu beradaptasi dengan perubahan suhu pada air.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi renang gaya dada dengan organ pencernaan makanan pada tubuh manusia. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah pada saat renang perut tidak boleh kosong. Sebaiknya 30-60menit sebelumnya melakukan olahraga renang, kita dianjurkan makan terlebih dahulu. Makanan merupakan sumber tenaga bagi tubuh kita. Pilihlah makanan yang diterima oleh pencernaan kita. Tahukah kamu organ pencernaan makanan pada tubuh kita? 
- Siswa mengamati gambar organ pencernaan makanan pada tubuh manusia. 
Eksplorasi: ajarTugaskankan siswa untuk mengeksplorasi dengan mengamati gambar secara detail dan cermat dengan tujuan tertentu (mencari informasi tentang organ pencernaan makanan pada tubuh manusia). 
Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna. 
Komunikasi: informasi yang siswa dapatkan melalui kedua kegiatan di atas, dikomunikasikan sehingga pemahaman siswa akan menjadi lebih lengkap dan mendalam. Sajikan hasil pengamatan ke dalam tabel. 

- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
- Siswa membaca teks yang berjudul Maag atau Tukak Lambung.
- Siswa melakukan studi pustaka dengan menggali informasi dan data melalui artikel yang ada di koran, majalah, atau internet berkaitan dengan penyakit-penyakit pada organ pencernaan makanan. 
- Setelah data terkumpul, siswa diminta untuk menuliskan pada kolom yang ada di buku siswa.
- Siswa membaca teks yang berjudul 4 Faktor yang Mempengaruhi Kesehatan. 
- Masing-masing siswa diminta untuk membaca cepat dan dalam hati. 
- Guru membangun suasana yang penuh ketenangan agar membantu proses pemahaman siswa terhadap isi bacaan.
- Selesai membaca membuat kesimpulan isi bacaan. 
- Proses membuat kesimpulan diawali dengan menemukan ide atau gagasan pokok di tiap-tiap paragraf. 
- Setelah semua siswa berhasil menuliskan kesimpulan bacaan, guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil pekerjaaannya. 
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap hasil kerja siswa.
- Siswa mengamati gambar tentang gerakan-gerakan tari untuk kemudian siswa diminta untuk meniru gerakan yang nampak pada gambar. 
- Sebelum kegiatan ini dilakukan, guru telah meminta siswa untuk menyiapkan propertinya terlebih dahulu. 
- Secara demokratis, guru meminta siswa untuk memilih pasangan. 
- Guru memandu, mengoreksi, dan mengapresiasi setiap gerakan yang dilakukan siswa. 
- Gunakan rubrik melakukan gerakan tari untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
- Siswa membuat koreografi tari dengan memanfaat selendang sebagai properti tari. 
- Siswa menirukan kupu-kupu sebagai referensi dalam membuat koreografi tari. 
- Guru memandu, mengoreksi, dan mengapresiasi setiap koreografi yang dibuat siswa.
Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Bagaimana pola hidup sehat yang kamu pelajari pada pembelajaran ini? 
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung. 
• Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa berkaitan dengan pola hidup sehat.
• Siswa diminta untuk menceritakan pengalamannya berkaitan dengan organ pencernaannya. 
• Untuk mengoptimalkan hasilnya, siswa meminta bantuan kepada orang tuanya untuk menceritakan riwayat kesehatan organ pencernaannya.

c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 2"

Post a Comment