RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 5

Berikut ini merupakan RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 5 sesuai dengan Kurikulum 2013. Silahkan di share RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 5.

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema               :  Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan (ST1)
Pembelajaran ke     :  5
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 5

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari. 
• Menyebutkan jenis jenis properti tari. 
4.11 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan. 
• Melakukan eksplorasi gerak tari bertema sesuai dengan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti.

PJOK
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. 
• Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan voli mini. 
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. 
• Menggunakan berbagai keterampilan untuk mengambil posisi, mencetak angka, dan mengoper ke teman (voli mini).

Bahasa Indonesia
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
• Membuat kesimpulan bacaan.

IPA
3.1 Mendeskripsikan rangka manusia dan fungsinya. 
Mendeskripsikan penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka. 
4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia. 
• Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan rangka.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan melakukan latihan gerakan service bawah, passing atas, dan passing bawah, siswa dapat menguasai teknik-teknik service bawah, passing atas, dan passing bawah dengan mandiri. 
  • Dengan melakukan kegiatan permainan bola voli mini, siswa dapat menggunakan berbagai keterampilan untuk mengambil posisi, mencetak angka, dan mengoper ke teman dengan percaya diri. 
  • Dengan kegiatan mencari tahu melalui studi pustaka, wawancara, diskusi, observasi atau pengamatan, siswa dapat menuliskan arti properti dan menyebutkan macam-macam properti dalam seni tari dengan cermat. 
  • Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat menuliskan arti rematik dan menyebutkan macam-maam penyakit atau gangguan pada rangka tubuh manusia. 
  • Dengan membaca bacaan tentang manfaat air, siswa dapat membuat kesimpulan manfaat-manfaat air.

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: 
cara-cara melakukan teknik-teknik dasar dalam bola voli mini, arti dan macam-macam properti tari, arti rematik dan macam-macam penyakit pada rangka tubuh manusia, manfaat air. 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, peralatan dan perlengkapan permainan bola voli mini.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. 
  • Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
  • Pada awal pembelajaran, guru memunculkan ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi tentang salah satu cara merawat rangka tubuh manusia, yakni dengan berolah raga. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan pertanyaan pandu: Penyakit apa saja yang bisa terjadi pada rangka tubuh apabila kita tidak merawatnya? 
  • Setelah semua siswa memberikan jawaban, guru menegaskan kembali jawaban-jawaban siswa. 
  • Gunakan jawaban-jawaban siswa sebagai pengetahuan awal untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran berikutnya.
  • Guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik, berolahraga. Gerakan-gerakan dalam pemanasan ini antara lain, melakukan gerakan lari, lompat, dan penguluran semua anggota tubuh dengan benar. 
  • Setelah melakukan pemanasan, guru mempraktikkan beberapa gerakan dasar dalam permainan bola voli mini, seperti service, passing bawah, dan passing atas. 
  • Guru menunjuk dua orang untuk mempraktikkan semua gerakan. Setelah itu semua anak diajak mempraktikan gerakan. 
  • Setelah semua siswa mempratikkan, siswa menuliskan cara melakukan teknik service bawah, passing bawah, dan passing atas. 
  • Gunakan rubrik melakukan teknik-teknik dasar permainan bola voli mini untuk mengetahui tingkat penguasaan teknik siswa.
  • Siswa melakukan permainan bola voli mini. Setiap tim terdiri dari 3 orang.
  • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan posisi yang tepat untuk mencetak angka dan cara mengoper bola kepada teman.
  • setelah siswa berhasil menemukan pengertian properti tari melalui kegiatan Ayo, Mencari Tahu, siswa diminta untuk menindaklanjutinya dengan menuliskan 10 macam properti yang digunakan dalam tari. 
  • Biarkan siswa melakukan kegiatan ini secara mandiri dan berikan keleluasaan bagi siswa untuk menuliskan pendapatnya. 
  • Apresiasi semua jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh.
  • siswa mengamati gambar tentang tari. 
  • Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa.
  • Guru memberikan narasi sebagai penghubung antar kompetensi properti tari dengan berbagai penyakit pada rangka tubuh manusia. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah dengan banyak melakukan gerak tubuh, rangka tubuh kita menjadi kuat dan badan menjadi sehat. Rangka tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai penyakit dan mengurangi gejala kelainan pada tulang. Misalnya, kita akan terhidar dari sakit rematik 
  • Siswa mencari informasi penyakit rematik dan penyakit-penyakit pada rangka tubuh manusia lainnya. 

Alternatif pembelajaran yang dilakukan, antara lain sebagai berikut. 
1. Studi pustaka. 
2. Diskusi.
3. Wawancara. 
4. Pengamatan.
  • Setelah siswa berhasil menemukan pengertian properti tari melalui kegiatan Ayo, Mencari Tahu, siswa diminta untuk menindaklanjutinya dengan menuliskan 10 macam properti yang digunakan dalam tari. 
  • Biarkan siswa melakukan kegiatan ini secara mandiri dan berikan keleluasaan bagi siswa untuk menuliskan pendapatnya. 
  • Apresiasi semua jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang nyeleneh.
  • guru meminta membaca teks yang berjudul Manfaat Air Bagi Tubuh.
  • Alternatif kegitan membaca: Alternatif 1 Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati dan memahami isi teksnya. Alternatif 2 Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak. Alternatif 3 Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
  • Setelah membaca teks bacaan, siswa membuat kesimpulan tentang manfaat air bagi manusia dan lingkungannya. 
  • Ciptakan suasana belajar yang memungkinkan timbulnya rasa percaya diri pada setiap siswa untuk menuangkan kesimpulannya berdasarkan informasi yang diperoleh dari teks bacaan. 
  • Gunakan rubrik menyusun kesimpulan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
  • Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari? 
  • Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung. 
  • Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang teknik-teknik dasar voli mini, mengetahui macam-macam properti tari, mengetahui macam-macam penyakit atau gangguan pada rangka tubuh manusia, serta membaca teks berkaitan dengan manfaat air.
  • Siswa diminta untuk menceritakan pengalaman berolahraga bersama orang tuanya. 
  • Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. 
  • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. 
  • Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. 
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. 
  • Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran ke 5"

Post a Comment