RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran ke 6

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
Sub Tema               :  Manfaat Hidup Rukun (ST2)
Pembelajaran ke     :  6
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran ke 6

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

IPS
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia. 
3.4.2. Mengenal bentuk, fungsi, dan peran lembaga ekonomi yang ada di masyarakat.
4.4 Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya, dalam masyarakat Indonesia.
4.4.1. Membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya.

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.8 Mengidentifikasi bentuk-bentuk perdagangan multilateral. 
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.7 Membuat contoh surat perdagangan (surat perjanjian).

SBdP
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah. 
3.2.1 Memahani harmoni musik.
4.8 Memainkan alat musik campuran antara melodis dan ritmis dengan partitur lagu. 
4.8.3 Mempertunjukkan cara bermain alat musik melodis dan alat musik ritmis dengan partitur lagu.

PPKn
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.4.6 Menjelaskan manfaat-manfaat dari perbuatan yang mencerminkan persatuan, dan kesatuan di masyarakat. 
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.4.6 Menceritakan tindakan dirinya yang telah menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar.

C. Tujuan Pembelajaran 

  • Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat menjelaskan pentingnya menjaga kerukunan hidup dalam masyarakat dengan cermat. 
  • Dengan praktik, siswa dapat membuat surat perjanjian perdagangan dengan teliti. 
  • Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk perdagangan multilateral dengan cermat. 
  • Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat memaparkan bentuk lembaga ekonomi yang ada di Indonesia dengan cermat 
  • Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk lembaga pedagangan internasional dengan teliti. 
  • Dengan mengamati, siswa dapat menjelaskan manfaat menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam masyarakat dengan percaya diri. 
  • Dengan mengamati permainan alat musik, siswa dapat membedakan alat musik ritmis dan melodis dengan cermat. 
  • Dengan mengamati permainan alat musik, siswa dapat memainkan beberapa alat musik dengam membaca partitur lagu dengan percaya diri. 
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: 
Kerukunan hidup dalam masyarakat 
Perjanjian perdagangan 
Bentuk-bentuk perdagangan multilateral 
Bentuk lembaga ekonomi 
Alat musik ritmis dan melodis 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang bentuk kerja sama antarbangsa, teks bacaan tentang surat perjanjian, teks bacaan lembaga ekonomi di masyarakat

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan

  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. 
  • Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
Pembelajaran diawali dengan mengamati teks bacaan pada buku siswa.

  • Siswa membaca teks bacaan.
  • Siswa memberikan pendapatnya tentang kegiatan yang dilakukan pada gambar. 
  • Siswa menjawab pertanyaan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa, misalnya: Di mana kegiatan pada gambar terjadi? Apa yang dimaksud dengan koperasi? 
  • Guru menulis jawaban siswa di papan tulis.
  • Siswa pro-aktif dalam diskusi. 
  • Siswa membaca teks bacaan yang ada di buku siswa.
  • Siswa mengemukakan pendapatnya tentang teks bacaan tersebut gambar tersebut.
  • Siswa mengulang kembali pembelajaran sebelumnya yaitu tentang bentuk-bentuk lembaga ekonomi.
  • Siswa menjawb pertanyaan arahan dari guru, misalnya: Apa lembaga ekonomi yang kamu ketahui? Apakah manfaat lembaga ekonomi tersebut? 
  • Siswa mencari informasi tentang lembaga ekonomi BUMN beserta peran dan fungsinya didalam masyarakat.
  • Siswa mencari informasi melalui orangtua atau guru, surat kabar,majalah atau internet.
  • Siswa mencatat semua informasi yang diperoleh.
  • Pembelajaran diawali dengan mengamati teks bacaan pada buku siswa. 
  • Siswa membaca teks bacaan. 
  • Siswa memberikan pendapatnya tentang kegiatan yang dilakukan pada gambar. 
  • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulus rasa ingin tahu siswa, misalnya; Mengapa kita harus hidup rukun? Bagaimana jika kita tidak menjaga kerukunan hidup? 
  • Guru menulis jawaban siswa di papan tulis. 
  • Siswa mengisi tabel di buku siswa. 
  • Siswa mendiskusikan hasilnya dengan teman dan bersikap pro-aktif dalam diskusi. 
  • Siswa mengulang kembali pembelajaran tentang bentuk-bentuk kerja sama antarnegara 
  • Siswa menjawab pertanyaan arahan dari guru, seperti: Apa bentuk hubungan kerja sama antarnegara yang kamu ketahui? Apakah kepanjangan IMF? 
  • Siswa mengamati lembar tugas yang akan dikerjakan. 
  • Siswa melengkapi kepanjangan dari lembaga kerja sama multilateral. 
  • Siswa menggali informasi tentang lembaga kerja sama antarnegara tersebut. 
  • Siswa mencari informasi di majalah, surat kabar, internet, orangtua, atau guru. 
  • Siswa menulis informasi menggunakan kalimat yang benar. 
  • Siswa diminta menjawab pertanyaan di buku siswa. 
  • Siswa mengulang kembali pembelajaran tentang bentuk-bentuk kerja sama antarnegara. 
  • Siswa menjawab pertanyaan arahan, seperti: Apakah kepanjangan ASEAN? 
  • Siswa mengamati lembar tugas yang akan dikerjakan. 
  • Siswa melengkapi kepanjangan darilembaga kerja sama internasional. 
  • Siswa menggali informasi tentang lembaga kerja sama antarnegara tersebut. 
  • Siswa mencari informasi di majalah, Koran, atau internet, orang tua atau guru. 
  • Siswa menjawab pertanyaan di buku siswa. 
  • Siswa mengulang pembelajaran tentang bentuk-bentuk surat perdagangan 
  • Ssiwa menjawab pertanyaan guru untuk menstmulasi pengethuan siswa, seperti: Apa yang dimaksud dengan surat perdagangan? Apa unsur-unsur dalam surat perjanjian? 
  • Siswa mengamati contoh surat perjanjian perdagangan yang ada di buku siswa.
  • Siswa mencatat semua informasi yang diperoleh.
  • Siswa membuat surat perjajian perdagangan. 
  • Siswa mengulang kembali pembelajaran tentang musik ritmis dan alat musik melodis. 
  • Siswa memperhatikan guru menyajikan sebuah lagu besera not baloknya. 
  • Siswa memperhatikan guru memeragakan cara memainkan alat musik sesuai dengan not baloknya. 
  • Siswa mendengarkan dan mengamati cara alat musik tersebut dimainkan dan cara membaca not balok. 
  • Siswa memainkan lagu dengan kompak dan harmonis. 
  • Setelah memainkan alat musik dengan membaca not balok, siswa mengingat kembali tentang permainan musik yang telah dilakukan. 
  • Siswa saling bertanya jawab mengenai permainan musik yang telah dilakukan, misalnya: apakah musik yang dimainkan sudah tepat? Apakah nada yang dihasilkan sudah benar? 
  • Siswa mengungkapkan pendapatnya. 
  • Siswa mempresentasikan hasil mencari informasi mengenai lembaga multilateral secara mandiri dan percaya diri. 
  • Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun keterampilan komunikasinya. 
REMEDIAL 
Latihan 1 Sebutkan manfaat IM! 
Latihan 2 Apakah manfaat menjaga kerukunan dalam masyarakat? 
Latihan 3 Sebutkan fungsi dan peran koperasi! 
Latihan 4 Apakah kepanjangan BUMD? 
Latihan 5 Bagaimana cara memainkan alat musik pianika? 

PENGAYAAN 
Latihan 1 Sebutkan organisasi multilateral yang kamu ketahui! 
Latihan 2 Apakah tujuan surat perjanjian dibuat? 
Latihan 3 Pada percobaan rangkaian listrik parallel, rangkaian manakah yang menghasilkan lampu paling terang? 
Latihan 4 Bagaimana perasaanmu saat memainkan musik bersama? 
Latihan 5 Apakah manfaat persatuan dan kesatuan dalam lembaga ekonomi?

c. Kegiatan Penutup

  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. 
  • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. 
  • Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. 
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. 
  • Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran ke 6"

Post a Comment