RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 1

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
Sub Tema               :  Cara Menjaga Kerukunan (ST3)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 1

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Matematika
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala.
• Menjelaskan pengertian skala.
• Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan skala.

4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin. 
• Menggambar dan menentukan arah mata angin. 
• Menggambar denah sederhana dengan skala.

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menunjukkan pentingnya kegiatan ekspor impor. 

4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menyebutkan pentingnya kegiatan ekspor impor bagi Indonesia.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan mengamati gambar denah, siswa mampu menjelaskan pengertian skala dengan percaya diri. 
  • Dengan menganalisis gambar denah, siswa mampu memecahkan masalah yang melibatkan skala dengan mandiri. 
  • Dengan memecahkan masalah sederhana yang melibatkan skala, siswa mampu menggambar denah sederhana dengan skala tertentu dengan cermat. 
  • Dengan mencari informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menyebutkan pentingnya kegiatan ekspor dan impor dengan percaya diri. 
  • Dengan mencari informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menunjukkan pentingnya kegiatan ekspor impor dengan percaya diri. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: 
Mengamati gambar denah 
Menganalisis gambar denah 
Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan skala 
Mencari informasi dari berbagai sumber 
Menunjukkan pentingnya kegiatan ekspor impor 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: 
Buku, teks bacaan tentang ekspor dan impor, teks bacaan tentang arah mata angin, konsep perbandingan

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. 
  • Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
Pembelajaran diawali dengan mengamati gambar pada teks bacaan pada buku siswa. 
  • Siswa mengamati gambar tersebut. 
  • Siswa memberikan pendapatnya tentang kegiatan yang terjadi pada gambar. 
  • Siswa mengulang kembali pembelajaran tentang ekspor dan impor. 
  • Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti: Dimana kegiatan tersebut terjadi? Kegiatan apa yang sedang berlangsung? 
  • Guru menulis jawaban siswa di papan tulis. 
  • Siswa diminta untuk pro-aktif dalam diskusi. 
  • Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan di buku siswa dengan benar berdasarkan hasil pengamatannya. 
  • Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
  • Pembelajaran diawali dengan mengamati gambar pada teks bacaan pada buku siswa.
  • Siswa diminta untuk mengamati gambar tersebut.
  • Siswa melengkapi gambar denah berdasarkan informasi dari bacaan singkat yang diberikan.
  • Siswa mengamati gambar denah rumah dan menyebutkan informasi-informasi yang ia dapatkan dari denah.
  • Kegiatan ini bisa diperdalam dengan meminta siswa menyebutkan benda-benda yang mereka temukan sesuai dengan arah mata angin yang disebutkan.
  • Siswa diminta untuk membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri. 
  • Siswa dibimbing untuk memperhatikan gambar dan informasi-informasi penting tentang arah mata angin yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti. 
  • Siswa dibimbing untuk memahami kosakata yang tidak diketahui. 
  • Siswa melengkapi gambar arah mata ngin berdasarkan informasi yang mereka dapatkan dalam bacan. 
  • Siswa mengamati denngan cermat gambar denah letak rumah Beni dan letak rumah Bu Dina.
  • Siswa menggunakan pemahamannya tentang arah mata angin untuk membaca gambar denah yang disediakan di buku siswa. 
  • Siswa mengukur pemhamannya dalam membaca denah dengan menjawab dan menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa 
  • Siswa diminta untuk membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri. 
  • Guru memberikan penjelasan tentang pentingnya kegiatan ekspor dan impor barang. 
  • Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti: Apa arti ekspor dan impor? Mengapa suatu negara melakukan kegiatan ekspor dan impor? 
  • Siswa dibimbing dalam mencari informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti. 
  • Siswa diminta untuk menggali informasi tentang manfaat ekspor dan impor dalam suatu negara. 
  • Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan.
  • Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil membuat denah secara mandiri dan percaya diri. 
  • Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun keterampilan komunikasinya.

REMEDIAL 
Latihan 1 Sebutkan hubungan kerja sama antarnegara yang kamu ketahui! 
Latihan 2 Apakah yang dimaksud dengan kegiatan ekspor? 
Latihan 3 Apakan nama arah mata angin yang berada di antara utara dan timur! 
a. Tenggara b. Barat daya c. Timur laut d. Selatan 
Latihan 4 Sebutkan benda-benda ekspor yang kamu ketahui! 
Latihan 5 Sebutkan benda-benda impor yang kamu ketahui! 
PENGAYAAN 
Latihan 1 Menurutmu apakah sebuah negara peru mengadakan hubungan kerja sama dengan negara lainnya? Mengapa? 
Latihan 3 Mengapa kamu perlu mempelajari arah mata angin? 
Latihan 4 Buatlah denah kelasmu! Dimana letak papan tulis? Dimana letak meja guru? Dimana letak mejamu? 
Latihan 5 Carilah informasi tentang hasil bumi Indonesia yang diekspor ke luar negri! Apa sajakah itu?

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. 
  • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. 
  • Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. 
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. 
  • Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 1"

Post a Comment