RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 3

Berikut ini merupakan rencana pembelajaran atau RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 3. Silahkan dishare bagi yang perlu saja untuk keperluan administrasi. Semoga bermanfaat.

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema               :  Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke     :  3
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 3

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
  • Menjelaskan cara menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan melalui bacaan. 

4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
  • Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.

Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat. 
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin. 
  • Menentukan letak titik pada sistem koordinat. 

PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah. 
  • Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. 

4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah. 
  • Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. 
  • Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap guru dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat menjelaskan cara menciptakan lingkungan sehat dengan cermat. 
  • Dengan mengamati gambar, siswa menceritakan hidup rukun dan percaya diri. 
  • Dengan menulis, siswa dapat menyelesaikan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri. 
  • Dengan latihan, siswa dapat menentukan letak benda berdasarkan titik koordinatnya dengan teliti. 
  • Dengan membaca teks, siswa menceritakan cara menjaga kesehatan lingkungan sekolah dengan percaya diri. 
  • Dengan menulis, siswa dapat membuat kesimpulan dari sebuah bacaan dengan cermat. 
  • Dengan membuat laporan, siswa dapat menyajikan data dan informasi yang diperoleh dalam bentuk laporan tertulis dengan mandiri.

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: 
cara menciptakan lingkungan yang sehat, aktivitas yang menunjukkan hidup rukun, kewajiban terhadap teman dan guru di sekolah, m cara menentukan letak benda berdasarkan titik koordinat, cara menjaga kesehatanlingkungan sekolah, cara membuat kesimpulan yang tepat, efektif, dan komunikatif, cara membuat laporan yang benar. 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan teks bacaan.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
• Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mengajukan pertanyaan seperti yang terdapat pada buku siswa berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari dan dicapai selama proses KBM. 
• Guru mengajak siswa agar mampu menjadikan benda-benda atau peristiwa-peristiwa yang ada dan terjadi di sekitarnya berkaitan dengan subtema yang dipelajari sebagai sumber inspirasi dan bahan belajar.
- Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa dan memberikan tanggapan.
- Siswa menuliskan hak di sekolah dan akibat tidak terpenuhinya hak. 
- Siswa menuliskan pengalamannya dalam menjalankan kewajibannya terhadap teman dan guru. 
- Ajarkan pada siswa untuk menggali informasi dan data dengan memerhatikan lingkungan sosial sekitar, dalam hal ini lingkungan sosial di sekolah. 
- Ajarkan pada siswa untuk menuangkan hasilnya secara tertulis pada kolom yang tersedia di buku siswa. 
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh. 
- Guru membangun suasana belajar yang penuh keakraban, sehingga siswa percaya diri dalam menyelesaikan tugasnya.
- Siswa mengamati gambar dengan seksama. 
- Fokuskan pengamatan siswa pada titik-titik koordinat yang nampak pada gambar. 
- Selesai mengamati gambar, siswa mengerjakan soal latihan secara mandiri. 
- Sebelum mengerjakan, guru menjelaskan mengenai titik koordinat. 
- Guru memberikan keleluasaan siswa untuk mengerjakan soal latihan. 
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
- Siswa membaca hening/dalam hati dan secara seksama untuk memahami isi bacaan yang berjudul Pentingnya Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Sehat.
- Selesai membaca, siswa membuat kesimpulan isi bacaan. 
- Guru meminta membuat kesimpulan dengan menentukan ide/gagasan utama di setiap paragraf. 
- Guru membangun suasana penuh keakraban sehingga percaya diri dalam mengerjakan tugas. 
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
- Siswa membuat laporan tentang kesehatan lingkungan sekolahnya. 
- Adapun metode yang dapat digunakan, antara lain sebagai berikut. 
1. Wawancara dengan kepala sekolah, guru, atau petuga UKS. 
2. Observasi langsung terhadap kesehatan lingkungan sekolah. 
- Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu maupun kelompok.

Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung. 
Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam menulis laporan tentang kesehatan dan menentukan letak berdasarkan titik koordinat.
• Siswa menceritakan mengenai perilaku yang telah dilakukan dalam menjaga kesehatan lingkungan sekolah. 
• Untuk mengoptimalkan kerja sama dengan orang tua, siswa dapat membuat check list untuk ditunjukkan kepada orang tuanya.

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 3"

Post a Comment