RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2

Berikut ini merupakan RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 KTSP 2006. Silahkan di share RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 ini sebagai pelengkap administrasi Bapak atau Ibu Guru kelas 5. Silahkan unduh link berikut. Semoga dapat bermanfaat.


RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2

Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                 : SDN. Mangga Dua Selatan 02 Petang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit

A. Standar Kompetensi    
5. Mendengarkan
                Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara 
                lisan

B. Kompetensi Dasar       
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan

C. Indikator
  • Siswa mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa
  • Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan Guru
  • Siswa menanggapi suatu masalah di sekitar

D. Tujuan Pembelajaran**     
  • Siswa dapat menjelaskan cerita tentang peristiwa dan memberikan komentar/saran yang logis dengan bahasa yang santun

Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

E. Materi Ajar
  • Peristiwa yang terjadi di sekolah

F. Metode Pembelajaran
  • Ceramah, 
  • Tanya jawab, 
  • Latihan

G. Langkah-langkah Pembelajaran 

Pertemuan Pertama dan Kedua
Kegiatan Awal
        Apersepsi : 
  • Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran.
  • motivasi  :
  • Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
  • Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang di lingkungan mana siswa hidup.

Kegiatan Inti
        Eksplorasi
        Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan, secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), dan perhatian ( respect ), 
  • Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
  • melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan memiliki nilai Kewarganegaraan ( citizenship )
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

     Elaborasi
     Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
  • Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
  • Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
  • Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil pengamatan tentang materi yang dibahas 
  • Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku kerja/buku paket 
  • membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
  • memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
  • memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
  • memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
  • memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
  • memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

     Konfirmasi
     Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
  • memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
  • memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
  • memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
  • memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
  • membantu menyelesaikan masalah;
  • memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
  • memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
  • bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H. Alat/Bahan/Sumber Belajar  
  • Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5B Penerbit umum dan Standar Isi 2006

I. Penilaian
  • Tes lisan
  • Tes Tulisn
Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2

0 Response to "RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2"

Post a Comment