RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran ke 2

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya (ST2)
Pembelajaran ke     :  2
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran ke 2

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PJOK
3.4 Memahami variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga bela diri. 
• Menjelaskan berbagai gerakan dalam bela diri pencak silat. 
• Menyebutkan berbagai gerakan kuda-kuda dalam bela diri pencak silat. 
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (sikap dan kuda-kuda) olahraga beladiri. 
• Melakukan pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari.
• Menjelaskan estetika gerak dalam tari.
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
• Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik.

Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menjelaskan dan membandingkan bagian-bagian akar tumbuhan.
• Menjelaskan dan membandingkan bagian-bagian daun pada tumbuhan.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mempresentasikan hasil pengamatan hasil perbandingan bagian akar pada tumbuhan yang berbeda.
• Mempresentasikan hasil pengamatan hasil perbandingan jenis daun pada tumbuhan yang berbeda.

IPA
3.1 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya 
• Membandingkan bagian-bagian tumbuhan, seperti perakaran, batang, bunga dan daun 
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia 
• Membuat laporan sederhana tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan membaca teks dan berdiskusi siswa mampu menjelaskan berbagai gerakan dalam bela diri pencak silat dengan rasa ingin tahunya.
  • Dengan mencari informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menyebutkan berbagai gerakan kuda-kuda dalam bela diri pencak silat dengan teliti.
  • Dengan melakukan latihan kuda-kuda, siswa mampu melakukan pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar dengan disiplin.
  • Dengan mengolah informasi dari teks bacaan, siswa mampu menjelaskan dan membandingkan bagian-bagian akar dan daun pada tanaman dengan penuh tanggung jawab. 
  • Dengan melakukan kegiatan pengamatan langsung, siswa mampu mempresentasikan perbandingan akar pada tumbuhan yang berbeda dengan mandiri.
  • Dengan melakukan kegiatan pengamatan langsung, siswa mampu mempresentasikan perbandingan daun pada tumbuhan yang berbeda dengan penuh tanggung jawab.
  • Dengan melakukan kegiatan pengamatan terhadap lingkungan sekitar, siswa mampu membuat laporan sederhana tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia dengan rasa ingin tahunya.
  • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan macam-macam properti yang digunakan dalam menari dengan mandiri.
  • Dengan menirukan gerak tari pada gambar, siswa mampu memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik dengan disiplin.

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Bentuk-bentuk kegiatan ekspor dan impor barang antara Indonesia dan luar negeri 
• Iklan produk 
• Akar pangkat dua dari bilangan kuadrat 
• Permasalahan matematika yang melibatakan pembagian 
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang tanaman, cara melakukan gerakan dasar bela diri pencak silat, teks bacaan tentang properti tari.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
Pembelajaran diawali dengan diskusi kecil di dalam kelas.
  • Siswa mencermati bacaan yang disajikan pada buku siswa, Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan beberapa pertanyaan pancingan seperti : Apakah olah raga bela diri itu? Apakah menurutmu penting? Mengapa? 
  • Siswa mencari informasi tentang kuda-kuda yang merupakan gerakan dasar dari bela diri. 
  • Siswa menjawab pertanyaan yang disajikan pada buku siswa dengan berdiskusi bersama teman sebangkunya. 
  • Siswa melakukan latihan dasar kuda-kuda, sebelumnya guru memimpin kegiatan pemanasan terlebih dahulu.
  • Siswa membentuk dua kelompok besar, dan bermain Kucing dan Tikus (dalam permainan tersebut siswa melatih ketrampilannya dalam berlatih kuda-kuda).
  • Siswa mengikuti instruksi permainan yang diberikan oleh guru (guru bisa mengikuti instruksi yang disajikan pada buku siswa).
  • Siswa melakukan kegiatan pengamatan langsung terhadap dua jenis tanaman yang berbeda. Tujuan kegiatan pengamatan ini adalah untuk membandingkan bagian-bagian tanaman dari dua tanaman yang berbeda khususnya pada bagian batang/cabang dan akar.
  • Siswa mencermati bagian batang dan akar dari kedua tanaman tersebut dan menulis hasil pengamatannya secara rinci pada tabel yang telah disediakan. 
  • Siswa bekerja dalam kelompok dan secara bergantian mempresentasikan hasil pengamatan dan laporan hasil pengamatannya (kegiatan presentasi ini bisa disesuaikan dengan kondisi kelas, apabila jumlah siswa tidak memungkinkan maka kegiatan presentasi ini bisa dilakukan dengan menunjuk beberapa kelompok sebagai perwakilan).
  • Siswa membaca dengan cermat, teks bacaan yang berisi informasi tentang daun (fungsi, bentuk dan macamnya). Guru membimbing siswa untuk mencermati semua informasi penting yang terdapat pada bacaan. 
  • Siswa distimulus rasa ingin tahunya dengan beberapa pertanyaan pancingan yang diberikan oleh guru, seperti : Mengapa daun itu penting?, mengapa bentuk daun berbeda? 
  • Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaannya dan menuliskan pertanyaan tersebut pada Kartu Tanya atau di buku mereka 
  • Siswa bersama dengan kelompoknya mencari informasi lebih lanjut tentang daun. 
  • Siswa mengikuti instruksi kegiatan seperti yang disajikan pada buku siswa 
  • Kumpulkanlah beberapa informasi tentang berbagai jenis daun. 
  • Kelompokkanlah beberapa jenis daun yang berbeda.
  • Tuliskanlah contoh setiap jenis daun yang berbeda yang sesuai dengan ciri-cirinya. 
  • Carilah tanaman di sekitar sekolah atau rumahmu yang memiliki daun serupa dengan pengelompokan yang kamu buat tadi. 
  • Gambarlah daun tumbuhan milikmu, dan tuliskan jenis tulang daunnya.
  • Siswa melakukan pengamatan langsung terhadap lingkungan sekitarnya. 
  • Siswa mengidentifikasikan bagaimana keluarganya memanfaatkan akar dan daun untuk keperluan sehari-harinya. 
  • Siswa menuliskan semua hasil pengamatannya secara rinci pada kolom tabel yang disediakan.
  • Siswa diberi kesempatan untuk saling bertukar pendapat dan bertukar hasil penemuan pengamatan dengan teman-teman lainnya. 
  • Siswa mengamati gambar macam-macam properti tari pada buku siswa.
  • Siswa mengidentifikasikan properti tari apa saja yang mereka temukan dalam gambar.
  • Siswa mendefinisikan manfaat dari properti-properti tersebut dan menuliskan nama-nama properti yang mereka temukan pada kolom tabel yang disediakan. 
  • Siswa diminta untuk mengamati gambar pada buku siswa dan mengidentifikasikan properti yang digunakan pada gambar tersebut. 
  • Siswa dibagi kedalam kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa.
  • Siswa diminta melakukan gerakkan dasar tarian dengan menggunakan properti tari yaitu gendewa.
  • Siswa mengikuti urutan gerakan seperti yang tergambar pada buku siswa (jalan ke depan membawa gendewa, mengayunkan gendewa ke depan, menarik gendewa lurus ke atas.
c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran ke 2"

Post a Comment