Kelas/Semester : 5/1
Tema : Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
Sub Tema : Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PPKn
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
• Menjelaskan makna simbol dari sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
• Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
• Menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mendeskripsikan kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdapat pada pantun atau syair
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Membaca pantun dan syair tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.
Matematika
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana.
• Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua.
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka.
• Menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan konsep perpangkatan yang merupakan pengulangan perkalian.
C. Tujuan Pembelajaran
- Dengan menggali informasi dari teks percakapan, siswa mampu memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila dan lambang negara Garuda Pancasila dengan cermat.
- Dengan menggali informasi dari bacaan tentang koperasi, siswa mampu mengkaitkannya dengan makna simbol dari sila kelima Pancasila dengan percaya diri.
- Dengan menuliskan pendapat tentang keberadaan koperasi di masyarakat, siswa mampu mengidentifikasikan dan menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila Pancasila dengan teliti.
- Dengan menggunakan informasi dari peristiwa kontektual, siswa mampu melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua dengan rasa ingin tahunya.
- Dengan memecahkan persoalan-persoalan matematika, siswa mampu menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan konsep perpangkatan yang merupakan pengulangan perkalian dengan mandiri.
- Dengan membaca pantun bertema, siswa mampu mendeskripsikan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan percaya diri.
- Dengan menyajikan dan melantunkan pantun buatan sendiri, siswa mampu membaca pantun tentang kehidupan berbangsa dan bernegara dengan percaya diri.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Contoh-contoh perilaku masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila
• Kaitan koperasi dengan pengamalan sila pancasila
• Operasi hitung bilangan berpangkat dua
• Pantun bertema kehidupan berbangsa dan bernegara
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, Teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, Teks bacaan koperasi, Gambar lambang negara, Gambar simbol-simbol sila Pancasila, Gambar lambang koperasi
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
- Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
- Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
- Siswa membaca teks percakapan yang disajikan pada buku siswa yang berjudul Koperasi Desa. (kegiatan ini bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri siswa dalam membaca dialog dan bermain peran).
- Siswa memberikan pendapatnya tentang inti dari percakapan tersebut (guru membimbing diskusi dengan memberikan penakanan pada pembahasan tentang koperasi).
- Guru dapat memberikan pertanyaan arahan seperti “Apakah yang dimaksud dengan Koperasi? Apakah fungsi koperasi?”.
- Pengetahuan siswa tentang koperasi diperdalam melalui teks bacaan informasi yangberjudul Mengenal Koperasi.
- Percakapan dan bacaan tentang koperasi dipakai sebagai sebuah bahan diskusi yang bisa dikaitkan dengan contoh-contoh perilaku masyarakat yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila terutama sila kelima.
- Siswa mengamati lambang koperasi dan mencari informasi tentang makna dari lambang tersebut.
- Siswa mengaitkan makna lambang koperasi dengan makna dari simbol sila kelima Pancasila (Kegiatan Mengamati).
- Siswa mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh perilaku dirumah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
- Guru menstimulus diskusi dengan mengemukakan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan percakapan yang ada dalam buku siswa.
- Siswa di pancing rasa ingin tahunya dengan diberi kesempatan untuk menanya tentang proses pemecahan masalah yang termuat dalam percakapan.
- Siswa mencari dari berbagai sumber untuk memahami tentang bilangan perpangkatan dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang disajikan pada buku siswa.
- Guru bisa membuka kegiatan ini dengan memberikan penjelasan terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa siswa sudah mendapatkan pemahaman yang benar secara konseptuals.
- Siswa dilatih untuk menggunakan semua informasi yang disediakan dalam memecahkan masalah.
- Siswa dilatih untuk menyelesaikan tugasnya dengan cermat, teliti, dan mandiri.
- Siswa dilatih untuk terampil menggunakan alat inderanya dalam mengamati dan mencari informasi dari apa yang diamatinya.
- Siswa bersama dengan kelompok berdiskusi dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
- Guru membimbing siswa untuk membaca dan memahami instruksi yang diberikan.
- Setiap kelompok berkewajiban untuk mebuat peta pikiran yang berisi contoh-contoh perbuatan yang sesuai dengan pengamalan kelima sila Pancasila.
- Setiap kelompok diberi kesempatan untuk memperkaya hasil diskusi dengan mengunjungi kelompok lain (latih siswa untuk teliti mencari informasi dan berkolaborasi dengan kelompok lain).
- Hasil peta pikiran disajikan dan ditempel pada dinding kelas untuk dipakai sebagai sebuah rangkuman kelas yang bisa dibaca oleh siapa saja.
- Siswa mempresentasikan teks percakapan yang memuat pantun bertema kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Siswa mencoba menjelaskan makna pantun tersebut.
- Siswa diingatkan kembali tentang konsep pantun yang sebelumnya sudah pernah dipelajari.
- Siswa menyajikan pantunnya sendiri dengan mengambil tema kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Siswa melakukan refleksi terhadap semua kegiatan yang telah dilakukan disepanjang hari dengan membuat dua kolom. Di kolom pertama siswa menulis semua kegiatan di hari tsb. Mulai dari berdoa di pagi hari, membantu ibu/ayahmu, belajar di sekolah, bermain dan bekerja sama dengan teman, belajar tentang koperasi, dan seterusnya. Di kolom kedua, siswa memasangkan setiap kegiatannya itu dengan salah satu sila dari Pancasila. Siswa diminta untuk memperhatikan bagaiamana sila-sila Pancasila tersebut sangat berkaitan erat dengan semua kegiatan yang dilakukan sehari-hari.
c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 3"
Post a Comment