RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 2

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke     :  2
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  • Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  • Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  • Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  • Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 2

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PJOK
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani. 
• Menjelaskan manfaat latihan daya tahan jantung dan paru 
4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani. 
• Merencanakan program latihan daya tahan secara individual.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari. 
• Menjelaskan properti tari. 
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan 
• Latihan memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku 
• Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya 
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku 
• Mempresentasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya

IPA
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya 
• Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri 
4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia 
• Mencari informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan menggali informasi dari bacaan dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan manfaat latihan daya tahan jantung dan paru dengan percaya diri 
  • Dengan melakukan latihan aktivitas jantung dan paru, siswa mampu merencanakan program latihan daya tahan secara individual dengan tanggung jawab. 
  • Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya dengan cermat dan teliti.
  • Dengan membuat buklet tanaman, siswa mampu mempresentasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan mandiri.
  • Dengan menggali informasi dari bacaan dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan tentang properti tari dengan cermat dan teliti.
  • Dengan berlatih tari, siswa mampu memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik dengan percaya diri. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Manfaat latihan daya tahan jantung dan paru 
• Lari sprint, lari zigzag, melompat, dan lari menyamping dalam estafet 
• Bagian tanaman dan fungsinya 
• Fungsi properti dalam tari 
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, Teks bacaan tentang hasil bumi rotan, fungsi properti dalam seni tari, teknik dasar estafet.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. 
  • Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
  • Siswa membaca teks informasi tentang Mari Berolahraga, untuk mendapatkan pengetahuan tentang manfaat latihan daya tahan jantung dan paru. 
  • Siswa mempelajari teks bacaan untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan latihan fisik yang akan mereka lakukan.
  • Guru kelas dan guru PJOK berkolaborasi dalam mengampu kegiatan ini.
  • Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
  • Siswa melakukan latihan fisik seperti yang dianjurkan pada buku siswa (kegiatan ini bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa dan kelas).
  • Siswa diminta untuk menyusun pertanyaan dengan cermat berdasarkan teks bacaan yang terdapat dibuku siswa.
  • Perdalam pemahaman siswa tentang bacaan tersebut dengan mengidentifikasi pertanyaan apa saja yang terdapat pada bacaan tersebut.
  • Stimulasi keingintahuan siswa dengan melontarkan pertanyaan seperti: Apa bedanya rotan dengan jenis - jenis kayu yang lain?, kaitkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan topik pembelajaran yaitu bagian tanaman dan fungsinya. 
  • Siswa bertanya lebih jauh lagi tentang bagian-bagian rotan atau tanaman lain pada temannya dalam diskusi kelas.
  • Siswa menuliskan pertanyaan - pertanyaannya ke dalam kartu tanya 
  • Siswa membaca teks bacaan yang terdapat dalam buku siswa tentang tanaman.
  • Guru memperlihatkan beberapa tanaman dan membahas tentang akar, batang, daun, dan bunga.
  • Stimulasi pemahaman siswa dengan menanyakan bagaimana cara untuk membedakan antara tanaman satu dengan yang lainnya? 
  • Guru meminta siswa untuk mengambil beberapa tanaman untuk ditempelkan kedalam sebuah buklet, guru menejelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan buklet.
  • Siswa mengumpulkan tanaman dan memisahkan beberapa contoh tanaman untuk ditempelkan dihalaman – halaman buklet.
  • Pada setiap tanaman siswa harus memberikan keterangan tentang tanaman tersebut yaitu fungsi dan penjelasan bentuknya berikut gambar sesuai contoh tanaman.
  • Setelah jadi mintalah siswa untuk saling bertukar buklet guna memperoleh tambahan informasi.
  • Ikuti instruksi kegiatan seperti yang dijelaskan pada buku siswa.
  • Peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang macam-macam iklan, lagu-lagu daerah, dan bagian tubuh tumbuhan. 
  • Peserta didik menentukan sumber data yang sesuai dengan iklan, lagu daerah, bagian tubuh tumbuhan. 
  • Peserta didik menentukan jenis data yang akan mereka kumpulkan dari berbagai sumber.
  • Siswa membaca teks percakapan dan mencermati teks bacaan yang terdapat pada buku siswa.
  • Guru mengukur pemahaman siswa tentang bacaan tersebut dengan menanyakan informasi apa saja yang mereka dapatkan dalam bacaan tersebut.
  • Stimulasi rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang apa fungsi dari properti dalam sebuah tarian.
  • Siswa diminta untuk merncoba menarikan beberapa tarian daerah untuk kemudian di tuangkan ke dalam tabel nama - nama tarian, asal daerah tarian dan properti utama yang digunakan (Kegiatan Menalar).
  • Mintalah siswa untuk mengkomunikasikan hasil pengamatannya tersebut di depan kelas 
  • Siswa mengisi lembar refleksi pada buku siswa. Pertanyaan-pertanyaan yang dikemas pada buku siswa bisa dimodifikasi dan diperluas sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa/kelas. 
  • Bimbing siswa untuk mampu menuliskan semua refleksi kegiatan secara rinci sehingga catatan pada kegiatan refleksi bisa digunakan sebaga catatan pribadi siswa.

c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 2"

Post a Comment