RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran ke 1

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya (ST2)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran ke 1

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor import barang-barang antara Indonesia dan luar negeri. 
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Membuat contoh iklan barang yang diekspor oleh Indonesia.

Matematika
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana.
• Melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat.
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka.
• Menyelesaikan permasalahan matematika yang melibatkan pembagian.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor impor barang antara Indonesia dan luar negri dengan teliti.
  • Dengan menjawab pertanyaan dari bacaan, siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekspor dan impor barang antar Indonesia dan luar negri dengan cermat.
  • Dengan membuat iklan produk, siswa mampu membuat contoh iklan barang yang diekspor Indonesia dengan mandiri.
  • Dengan mengerjakan latihan menggunakan cerita-cerita kontekstual, siswa mampu melakukan penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat dengan percaya diri.
  • Dengan mengerjakan latihan menggunakan cerita-cerita kontekstual, siswa menyelesaikan permasalahan matematika yang melibatkan pembagian dengan teliti.

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat dan kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila 
• Sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan alamnya 
• Upacara adat khas daerah sebagai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi 
• Pantun tentang sifat dan karakteristik manusia Indonesia dalam kaitannya dengan lingkungan alam 
• Properti dalam tari 
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, Teks bacaan tentang kegiatan ekspor dan impor, teks bacaan tentang bentuk-bentuk iklan.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
  • Siswa menggali informasi dari teks bacaan dan mencari informasi tentang bentuk-bentuk kegiatan ekspor impor barang antara Indonesia dan luar negri dengan teliti.
  • Guru memberikan beberapa pertanyaan sebagai acuan kegiatan menggali informasi, seperti “Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekpor impor? Mengapa kegiatan ekspor impor penting? 
  • Kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan pengamatan gambar, siswa mengamati gambar dengan cermat, dan menuliskan apa yang ada di benak mereka pada kolom yang disediakan.
  • Siswa mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan tentang kegiatan ekspor dan import.
  • Siswa bertanya jawab dengan memperhatikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti. 
  • Siswa menjawab soal-soal yang disediakan dalam buku siswa, untuk mengukur pemahaman siswa terhadap informasi yang dimuat dalam bacaan. 
  • Siswa mencermati teks percakapan yang disajikan pada buku siswa dan mencari dari berbagai sumber tentang ekspor dan impor.
  • Siswa mengumpulkan berbagai informasi tentang berbagai iklan sebuah produk. 
  • Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari lima anggota.
  • Siswa bersama dengan kelompoknya mencermati instruksi untuk membuat iklan produk dengan menggunakan poster. 
  • Siswa mengikuti langkah-langkah: 
  • Bentuklah kelompok terdiri atas lima anggota. Bersama kelompokmu, buatlah iklan produk dengan menggunakan poster. Tentukanlah barang apa yang akan dijual. Pelajarilah kelebihan barang tersebut dibanding barang yang sejenis yang berasal dari tempat berbeda. Rancanglah gambar apa saja yang akan ditampilkan pada poster. Perhatikanlah cara membuat kalimat dalam sebuah iklan. Tuangkanlah semua gagasan kalian di atas kertas ukuran A3 atau seukuran kertas poster. Semua anggota kelompok dipersilakan mengeluarkan pendapat mengenai iklan yang akan dibuat. Semakin banyak ide, semakin baik. Jika telah selesai, presentasikanlah iklan produk dalam bentuk poster di depan kelas. Mintalah masukan dari kelompok lain. Tempelkanlah poster iklanmu di dinding kelas. 
  • Peserta didik menyimpulkan poster terbaik yang akan ditayangkan di dinding kelas. 
  • Siswa membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri. 
  • Siswa menyajikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti. 
  • Siswa menerapkan cara menyelesaikan soal akar pangkat dua.
  • Siswa menyajikan penyelesaian soal dengan teliti dan benar. 
  • Guru dapat berkeliling kelas untuk membimbing siswa dalam menyelesaikan soal dan memberikan penjelasan lebih lanjut kepada siswa yang memerlukan pemahaman lebih tentang akar pangkat dua atau kuadrat.

c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran ke 1"

Post a Comment