RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 1

Rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP berikut ini adalah RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 1. Silahkan di share RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 1

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema               :  Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 1

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat. 
  • Menentukan letak titik, pada sistem koordinat. 

4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin. 
  • Menggambar denah dengan menggunakan sistem koordinat. 

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
  • Mencari informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia. 

4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
  • Mencari bacaan baik melalui majalah, koran, maupun internet tulisan yang berisi laporan tentang kesehatan manusia untuk kemudian dibuat kesimpulan.

C. Tujuan Pembelajaran 

  • Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa mengemukakan pendapat tentang pentingnya hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan kerapian dengan percaya diri. 
  • Dengan mengerjakan soal latihan menentukan letak benda pada titik koordinat, siswa dapat menemukan letak benda dengan titik koordinat dengan cermat. 
  • Dengan membaca teks tentang manfaat kesehatan bagi manusia, siswa dapat mengidentifikasi manfaat kesehatan bagi manusia dengan teliti. 
  • Dengan membaca teks manfaat kesehatan bagi manusia, siswa dapat menuliskan kesimpulan mengenai manfaat kesehatan bagi manusia dengan mandiri. 
  • Dengan studi pustaka, siswa menemukan tulisan/laporan yang berisi manfaat kesehatan bagi manusia untuk kemudian menuliskan kesimpulannya dengan percaya diri. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: 
hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan kerapian, cara menemukan letak benda berdasarkan titik koordinat, manfaat kesehatan bagi manusia, cara membuat kesimpulan dari sebuah bacaan, cara menggali informasi dan data dari suati tulisan/ laporan. 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan teks tentang manfaat kesehatan bagi manusia.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan  pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
  • Awal pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi. Pergunakan gambar yang tersedia dan pertanyaan-pertanyaan untuk mendorong munculnya ide dan tanggapan siswa. 
  • Kegiatan ini juga dapat digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai materi pembelajaran yang akan dilakukan. 
  • Tumbuhkan rasa ingin tahu siswa tentang pelajaran melalui pengamatan terhadap gambar.
  • Siswa secara cermat dan teliti mengamati gambar tentang letak suatu benda.
  • Siswa mengerjakan soal latihan berdasarkan gambar yang sudah diamati. 
  • Biarkan siswa mengerjakan secara mandiri. 
  • Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
  • Siswa membaca sebuah artikel berjudul Manfaat Kesehatan Bagi Manusia.

Alternatif Proses KBM 
Alternatif 1 Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati. Alternatif 2 Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dengan nyaring dan meminta siswa lain menyimak. Alternatif 3 Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Setelah membaca teks, siswa diminta membuat kesimpulan berdasarkan teks secara mandiri. Guru memandu secara individual siswa yang mengalami kesulitan.
  • Siswa menemukan dan menuliskan kosa kata baku dan kosa kata tidak baku yang terdapat pada teks Manfaat Kesehatan bagi Manusia. 
  • Sebelum siswa mengerjakan, guru memberikan penjelasan mengenai kosa kata baku dan kosa kata tidak baku. 
  • Guru membangun suasana yang penuh keakraban sehingga siswa percaya diri dan mengerjakan secara mandiri. 
  • Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan. 
  • Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban-jawaban, termasuk apabila ada jawaban yang aneh. 
  • Siswa melakukan studi pustaka dengan menggali informasi dan data dari tulisan/ laporan mengenai manfaat kesehatan bagi manusia melalui buku, majalah, koran, maupun artikel internet. 
  • Untuk memberikan suasan yang berbeda, kegiatan ini bisa dilakukan di perpustakaan. 
  • Setelah informasi dan data diperoleh, siswa diminta untuk membuat kesimpulan. 
  • Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: “Apakah kamu sudah menemukan tempat yang tepat untuk menata buku-bukumu dan perlengkapan sekolahmu?“ “Mengapa bersih dan rapi itu diperlukan?” “Informasi apa yang kamu dapat dari buku tentang kesehatan manusia?” 
  • Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung. 
  • Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai aktivitas yang bisa dilakukan jika badan sehat (misalnya bola voli mini dan menari) serta cara merawat rangka tubuh manusia.
  • Siswa diminta untuk menceritakan kondisi rumahnya, khususnya kamar berkaitan dengan kesehatan, kerapihan, dan kebersihannya. 
  • Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat meminta orang tuanya untuk membuat memeriksa kamarnya.

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 1"

Post a Comment