Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
- Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah.
Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah.
Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap lingkungan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia.
Matematika
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
Mengidentifikasikan letak benda pada sistem koordinat.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
Menggambar bangun datar pada bidang koordinat.
IPS
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
C. Tujuan Pembelajaran
- Dengan menjawab pertanyaan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara hidup selaras dengan lingkungan alam dengan percaya diri.
- Dengan menandai pernyataan, siswa dapat membedakan perilaku-perilaku selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam dengan teliti.
- Dengan mengamati gambar tentang aktivitas manusia, siswa dapat mengidentifikasi contoh aktivitas manusia yang selaras dengan lingkungan alam dengan cermat.
- Dengan bercerita tentang keadaan lingkungan sekolahnya, siswa dapat menulis keadaan lingkungan sekolahnya dengan mandiri.
- Dengan latihan membuat bangun ruang, siswa dapat menggambar bangun ruang pada bidang koordinat dengan tepat dengan teliti.
- Dengan membaca bacaan tentang hidup selaras dengan alam dapat mencegah bencana, siswa dapat mengidentifikasi perilaku manusia yang selaras dengan lingkungan alam sehingga dapat terhindar dari bencana dengan cermat.
- Dengan menulis kesimpulan bacaan siswa dapat menulis kesimpulan dari bacaan dengan cermat dan komunikatif.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
cara hidup selaras dengan lingkungan, pengaruh hidup selaras dengan lingkungan terhadap kesehatan, perilaku yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan, aktivitas manusia yang selaras dengan lingkungan, keadaan lingkungan sekolah, cara menggambar bangun pada bidang koordinat, cara membuat kesimpulan yang benar.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan teks bacaan.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
- Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
- Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
• Pada awal pemebelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan pertanyaan panduan yang ada di buku siswa. Oleh karena itu, guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya secara percaya diri.
- Bagaimana cara hidup selaras dengan alam?
- Apakah hidup yang selaras dengan alam berpengaruh pada kesehatan manusia?
- Siswa menunjukkan perilaku-perilaku manusia selaras dengan lingkungan alam.
- Agar lebih menarik, siswa diminta untuk mewarnai kolom yang menunjukkan perilaku manusia selaras dengan alam.
- Guru menunjukkan sebuah gambar tentang salah satu aktivitas manusia, kemudian siswa mengamati secara seksama. Secara individual, siswa diminta untuk mencoba menganalisis peristiwa atau kejadian yang nampak pada gambar.
- Biarkan imajinasi dan analisis siswa berkembang secara mandiri.
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada yang jawaban yang aneh.
- Siswa keluar kelas dan melakukan pengamatan langsung terhadap lingkungan sekolah.
- Setelah itu, siswa menceritakan keadaan lingkungan sekolah secara tertulis.
- Guru membangun suasana belajar yang meyenangkan dan penuh keakraban, sehingga siswa dapat menceritakan keadaan sekolahnya dengan percaya diri dan komunikatif.
- Siswa menuliskan kewajian-kewajibannya terhadap lingkungan sekolah dan kewajibannya terhadap Tuhan.
- Agar lebih menarik dan berkesan lakukan kegiatan ini di luar kelar, seperti di halaman atau taman sekolah.
- Masing-masing siswa mempresentasikan hasil tulisannya di hadapan guru dan teman-temannya.
- Guru memberikan kesempatan teman siswa yang lain memberikan tanggapan.
- Guru menegaskan kembali dan mengapresiasi setiap jawaban siswa.
- Siswa mengerjakan soal latihan secara mandiri.
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan.
- Gunakan rubrik membuat bangun ruang pada bidang koordinat untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
- Siswa membaca teks yang berjudul “Hidup Selaras dengan Alam Untuk Cegah Bencana Alam”.
- Masing-masing siswa membaca hening/dalam hati secara seksama.
- Guru membangun suasana yang penuh ketenangan agar membantu proses pemahaman siswa terhadap isi bacaan.
- Selesai membaca siswa membuat kesimpulan isi bacaan.
- Proses membuat kesimpulan diawali dengan menemukan ide atau gagasan pokok di tiap-tiap paragraf.
- Setelah semua siswa berhasil menuliskan kesimpulan bacaan, guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil pekerjaannya.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap hasil kerja siswa.
- Gunakan hasil kegiatan ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa.
• Secara mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman dan pengalamannya yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
• Guru mengidentifikasi dan menganalisa jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa berkaitan dengan perilaku selaras dengan lingkungan, khususnya sekolah.
• Siswa menceritakan pengalamannya berkaitan dengan pengaruh lingkungan terhadap proses belajar.
• Untuk mengoptimalkan hasilnya, siswa bekerja sama kepada orang tuanya dengan berdiskusi dan tukar pendapat.
c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 4"
Post a Comment