RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 5

RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 5 silahkan di copy.

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema               :  Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke     :  5
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 5

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

SBdP
Kompetensi Dasar 
3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kereatif berdasarkan ciri khas daerah. 
4.16 Membuat apotek hidup. 
Indikator 
  • Menggunakan sumber alam dan lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya seni. 
  • Menggunakan bahan-bahan bersumber dari alam dan lingkungan dalam berkarya seni. 
  • Menjelaskan apotek hidup. 
  • Membuat apotek hidup.

PJOK
Kompetnsi Dasar 
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil. 
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil. 
Indikator 
  • Menjelaskan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam permainan olahraga tradisional bola kecil. (rounders). 
  • Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap, lari, dan memukul) permainan rounders dengan kontrol yang baik. 
  • Memukul bola yang dilambungkan/dilemparkan dengan tepat. 
  • Memperkirakan kemampuan berlari untuk mencetak angka. 

IPA
Kompetensi Dasar 
3.8 Mengenal sistem pernapasan hewan dan manusia serta penyakit yang berkaitan dengan pernapasan. 
4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia. 
Indikator 
  • Menjelaskan cara-cara merawat organ tubuh pada sistem pernapasan. 
  • Membuat laporan tentang cara-cara merawat organ tubuh manusia. 

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar 
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
Indikator 
  • Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia. 
  • Mengidentifikasi informasi cara-cara menjaga kesehatan pada manusia. 
  • Menyebutkan pentingnya kesehatan bagi manusia. 
  • Menunjukkan bukti pentingnya kesehatan bagi manusia. 

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan melakukan gerakan melempar dan memukul bola rounders, siswa dapat menguasai keterampilan teknik-teknik melempar dan memukul bola dalam permainan rounders dengan benar. 
  • Dengan bercerita cara mencetak angka dalam rounders, siswa dapat menyebutkan cara mencetak angka dalam permainan rounders. 
  • Dengan menyebutkan cara merawat alat pernapasan, siswa menuliskan cara merawat alat pernapasan dengan benar. 
  • Dengan membuat laporan cara merawat organ tubuh, siswa dapat membuat laporan cara merawat organ tubuh dengan benar. 
  • Dengan menyebutkan, siswa menuliskan arti pentingnya kesehatan dengan tepat. 
  • Dengan melakukan, siswa menyebutkan langkah-langkah membuat apotek hidup dengan benar.

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: cara melakukan gerakan-gerakan / teknik-teknik dalam permainan rounders, cara mencetak angka pada permainan rounders, cara merawat alat pernapasan, cara merawat organ tubuh, arti pentingnya kesehatan, langkah-langkah memebuat apotek hidup. 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, peralatan dan perlengkapan rounders

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
• Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa dengan memberikan narasi berikut Sehat itu sangatlah penting. Dengan berolahraga, menjaga organ tubuh, dan menjaga kesehatan lingkungan itu sebagai modal kita untuk selalu sehat. 
• Berikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk memberikan tanggapan atau bertanya berkaitan dengan narasi/pernyataan yang terdapat pada buku siswa. 
• Guru mengkonfirmasi tanggapan dan menjawab setiap pertanyaan siswa.
- Guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas fisik, atau berolahraga. Gerakan-gerakan dalam pemanasan ini antara lain lari di tempat, jumping jack, dan gerakan mengangkat satu tangan ke arah kanan dan tangan lain ke pinggang. 
- Setelah melakukan pemanasan, guru mengajak siswa memperhatikan gambar gerakan-gerakan dasar dalam permainan rounders. 
- Guru menunjuk dua orang untuk mempraktikan semua gerakan seperti melempar, menangkap, dan memukul bola. Setelah itu semua anak diajak mempraktikkan gerakan secara berpasangan.
• Selesai berlatih gerakan-gerakan dasar permainan rounders, guru meminta siswa untuk menuliskan cara melakukan gerakan melempar, menangkap, dan memukul bola dalam permainan rounders.
• Guru meminta siswa untuk melakukan permainan rounders dengan membagi kelas menjadi dua kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 12 anak (atau sesuai dengan kondisi kelas).
- Siswa diminta untuk menuliskan cara mencetak angka dalam permainan rounders.
• Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang nyeleneh. 
• Guru menjelaskan narasi penghubung antara kompetensi olahraga/permainan rounders dengan cara merawat organ pernapasan. Adapun kalimat kunci sebagai penghubung adalah: selain melempar dan memukul, berlari juga merupakan gerak dasar dalam olahraga rounders. Gerak berlari juga dapat digunakan untuk memelihara alat pernapasan manusia. Sistem pernapasan sangatlah penting bagi manusia. Oleh karena itu kesehatan alat pernapasan perlu dipelihara, di antaranya dengan olahraga secara teratur seperti lari, renang, dan senam. 
- Siswa diminta untuk menyebutkan cara memelihara alat pernapasan.
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi aktivitas olahraga dengan pentingnya kesehatan. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah: Bagaimana rasanya jika kamu sakit? Pasti saat itu tubuhmu atau di antara anggota tubuhmu tidak enak rasanya. Bahkan, bisa jadi kamu hanya tiduran di atas tempat tidur. Itulah satu di antara bukti bahwa kesehatan itu sangatlah penting. 
- Siswa diminta untuk menyebutkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa kesehatan itu penting.
- Guru meminta siswa melakukan studi pustaka untuk mencari informasi pada buku, majalah, surat kabar, atau internet tentang cara merawat organ tubuh agar selalu sehat. 
- Kemudian, siswa diminta untuk membuat laporan berdasarkan informasi yang telah diperoleh. 
- Guru meminta siswa untuk mengerjakannya secara mandiri. 
- Guru memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan. 
• Guru memberikan narasi sebagai penghubung antara kompetensi cara merawat organ tubuh dengan apotek hidup. Adapun kalimat kunci yang menjadi penghubung adalah: Cara merawat organ tubuh di antaranya dengan cara melakukan pola makan dan minum yang sehat. Selain itu, rawatlah organ tubuh dengan minum obat-obatan herbal yang kita peroleh dengan mengolah sendiri dari hasil tanam sendiri, misalnya dari apotek hidup yang kita buat di lingkungan rumah. Apotek Hidup merupakan tempat yang berisikan berbagai tanaman obat yang ditanam dan dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan serta kesehatan. 
- Siswa diminta untuk membuat apotek hidup di rumah dengan menuliskan langkah-langkahnya pada kolom di buku siswa.
• Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung. 
• Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini permainan rounders, cara merawat kesehatan organ tubuh, dan apotek hidup.
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan: Pernahkah anggota keluargamu ada yang sakit? Sakit apa yang pernah dialami anggota keluargamu itu? Bagaimana cara menyembuhkannya? 
• Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat meminta bantuan kepada orangtuanya dengan berdiskusi dan bertukar pendapat.

c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 5"

Post a Comment