Kelas/Semester : 5/1
Tema : Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema : Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
- Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PJOK
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
Indikator
- Melakukan berbagai keterampilan dasar (melambungkan, melempar, menangkap, lari dan memukul) permainan kasti dengan kontrol baik.
SBdP
Kompetensi Dasar
3.4 Memahami prosedur dan langkah kerja dalam berkarya kreatif berdasarkan ciri khas daerah.
4.16 Membuat apotik hidup.
Indikator
- Menggunakan sumber alam dan lingkungan sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
- Menggunakan bahan-bahan bersumber dari alam dan lingkungan dalam berkarya seni.
- Menjelaskan apotik hidup.
IPA
Kompetensi Dasar
3.8 Mengenal sistem pernapasan hewan dan manusia serta penyakit yang berkaitan dengan pernapasan.
4.8 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
Indikator
- Mengenal organ tubuh pada sistem pernapasan manusia.
- Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia.
- Menjelaskan beberapa penyakit pada alat pernapasan.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
- Mengenali lingkungan sehat melalui menyimak bacaan.
- Mengenali bentuk-bentuk gangguan kesehatan (penyakit) pada manusia melalui bacaan.
- Membuat kesimpulan berdasarkan bacaan tentang lingkungan sehat.
- Mencari tahu mengenai berbagai penyakit melalui bacaan.
C. Tujuan Pembelajaran
- Dengan menjawab pertanyaan dari guru tentang hubungan antara olahraga, lingkungan sehat, dan kesehatan, siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang hubungan antara olahraga, lingkungan sehat, dan kesehatan dengan percaya diri.
- Dengan kegiatan menyebutkan alat dan perlengkapan dalam permainan rounders, siswa dapat menuliskan alat dan perlengkapan yang digunakan dalam permainan rounders dengan benar.
- Dengan melakukan latihan melempar bola rounders, siswa dapat melempar bola rounders dengan tepat.
- Dengan mengamati gambar tentang organ pernapasan manusia, siswa menunjukkan organ pernapasan manusia dengan benar.
- Dengan mencari tahu melalui studi pustaka tentang penyakit-penyakit organ pernapasan manusia, siswa dapat menyebutkan penyakit-penyakit pada organ pernapasan manusia dengan percaya diri.
- Dengan menulis, siswa dapat menjelaskan apotek hidup dengan benar.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: mengetahui hubungan antara olahraga, lingkungan sehat, dan kesehatan, mengetahui alat dan perlengkapan dalam permainan rounders, mengetahui cara melakukan gerakan melempar bola dalam permianan rounders, mengetahui penyakit pada organ pernapasan manusia, mengetahui apotek hidup.
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks, alat dan perlengkapan permainan rounders
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
• Mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan pemanasan, dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yakni keterampilan bermain rounders.
- Secara mandiri, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan pada buku siswa mengenai peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam permainan rounders serta gerak dasar permainan rounders.
- Siswa diminta untuk menyajikan dan mengkomunikasikan hasilnya secara tertulis ke dalam kolom yang tersedia pada buku siswa.
• Minta siswa untuk berdiri berkeliling, berikan penjelasan tentang cara melempar bola rounders yang tepat.
• Bimbing siswa untuk berlatih melempar bola rounders secara bergantian, dan berikan umpan balik.
• Guru memadukan kegiatan sebelumnya, mengenai rounders dengan organ pernapasan. Kalimat kunci yang digunakan sebagai penghubung, yakni “Pada saat berhenti setelah berlari dalam permainan rounders, Edo kelihatan kelelahan. Edo tampak terengah-engah dalam bernapas.”
Setelah siswa dapat memahami keterkaitan kompetensi ini, guru menjelaskan mengenai organ pernapasan manusia.
• Siswa mengamati gambar bagian-bagian organ pernapapasan manusia.
• Siswa diminta untuk menulis hasil pengamatan gambarnya berkaitan dengan organ pernapasan manusia ke dalam tabel pada buku siswa.
• Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi semua jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang nyeleneh.
- Siswa diminta untuk melakukan studi pustaka dengan menggali informasi dan data melalui artikel yang ada di koran, majalah, atau internet berkaitan dengan penyakit-penyakit pada organ pernapasan manusia.
- Setelah data terkumpul, siswa diminta untuk menuliskan pada kolom yang ada di buku siswa.
• Guru menarasikan kalimat penghubung antarkompetensi, yakni organ pernapasan dengan apotek hidup. Adapun kalimat kuncinya adalah Edo anak yang sehat, meskipun napasnya tampak terengah-engah itu hanya akibat dari lari cepat. Sesudah bermain rounders, Edo dan teman-teman beristirahat. Waktu beristirahat Siti menawarkan minuman kunir asem. Ibu Siti membuat sendiri minuman itu, karena di rumah Siti terdapat apotek hidup. Edo dan teman-teman yang lain tampak senang, kunir asem yang dibawa Siti sangat segar.
- Siswa diminta untuk menulis hal-hal berkaitan dengan apotek hidup sesuai dengan pemahamannya sendiri.
- Ciptakan suasana belajar yang memungkinkan timbulnya rasa percaya diri pada setiap siswa untuk mengungkapkan pendapatnya.
- Setelah semua siswa menuliskan pendapatnya tentang apotek hidup, guru dapat menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasilnya. Siswa lain diminta untuk menyimak dan memberikan tanggapannya.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.
Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui mana tingkat pemahaman siswa mengenai alat dan gerak dasar permainan rounders, organ pernapasan, dan apotek hidup.
Siswa diminta untuk mengungkapkan mengenai keberadaan apotek hidup di rumahnya.
Siswa meminta orang tuanya untuk membuat apotek hidup (jika di rumahnya belum ada apotek hidup) dan untuk menambah jenis tanaman dalam apotek hidup (jika di rumahnya sudah ada apotek hidup).
Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat berbagai peran dan tugas dengan orang tuanya.
c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 2"
Post a Comment