RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 4

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
Sub Tema               :  Cara Menjaga Kerukunan (ST3)
Pembelajaran ke     :  4
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 4

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PPKn
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
• Menjelaskan akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di sekolah.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat.
• Membuat ikrar untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di sekolah.

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang sosial.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Memaparkan pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang sosial bagi Indonesia.

Matematika
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala.
• Menjelaskan pengertian skala.
• Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan skala.
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
• Menggambar denah sederhana dengan skala. 
• Menggambar denah dengan mempertimbangkan jarak dan waktu serta berbagai kemungkinan lintasan.

IPS
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
• Mengenal bentuk, fungsi, dan peran kelembagaan pendidikan yang ada di masyarakat.
4.4 Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi, dan budaya, dalam masyarakat Indonesia.
• Membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan menggali informasi dari teks bacaan dan diskusi, siswa mampu mengenal bentuk, fungsi, dan peran kelembagaan pendidikan yang ada di masyarakat. 
  • Dengan memaparkan hasil diskusi dalam bentuk tulisan, mampu membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya. 
  • Dengan menuliskan pendapat, siswa mampu menjelaskan akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di sekolah. 
  • Dengan memberikan pendapat secara tertulis, siswa mampu membuat ikrar untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di sekolah. 
  • Dengan menggunakan gambar denah dan skala, siswa mampu menjelaskan pengertian skala. 
  • Dengan menggunakan gambar denah dan skala yang ditentukan, siswa mampu memecahkan masalah sederhana yang meilbatkan skala. 
  • Dengan membuat denah rumah, siswa mampu menggambar denah dengan menggunakan skala dan mempertimbangkan jarak dan waktu serta berbagai kemungkinan lintasan. 
  • Dengan diskusi, siswa mampu menjelaskan manfaat perdagagangan internasional di bidang sosial. 
  • Dengan menyajikan hasil diskusi secara lisan dan tulisan, siswa mampu memaparkan pentingnya perdagangan internasional di bidang sosial. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: 
  • Bentuk, fungsi, dan peran kelembagaan pendidikan yang ada di masyarakat.
  • Manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya.
  • Akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di sekolah.
  • Skala.
  • Pentingnya perdagangan internasional di bidang sosial.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: 
Buku, teks bacaan tentang perdagangan, konsep perbandingan, teks bacaan tentang persatuan dan kesatuan, teks bacaan tentang lembaga pendidikan

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. 
  • Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
  • Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa. 
  • Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang gambar tersebut. 
  • Siswa dengan bantuan guru, berdiskusi tentang bentuk-bentuk lembaga yang ada di Indonesia. 
  • Guru memberikan pertanyaan arahan seperti: Lembaga-lembaga apa saja yang kamu ketahui? Apa yang membedakan lembaga formal dan non-formal? Apa contoh lembaga pendidikan formal? Nonformal? 
  • Siswa menjawab pertanyaan di buku siswa dengan benar berdasarkan hasil pengamatannya. 
  • Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas 
  • Kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan. 
  • Siswa diminta untuk menjelaskan pentingnya perilaku menjaga persatuan dan kesatuan. 
  • Siswa diminta untuk menjelaskan manfaat dari perilaku tersebut. 
  • Guru memberi pertanyaan arahan, seperti: Apa akibat jika kamu tidak mempunyai perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di rumah? 
  • Guru dapat membagi siswa kedalam kelompok yang terdiri dari 3-4 orang siswa. 
  • Siswa diminta untuk mendiskusikan akibat-akibat yang akan terjadi apabila tidak ada persatuan dan kesatuan dan apa yang bisa mereka lakukan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di sekolah (dorong siswa untuk mengembangkan keterampilan menanya ketika berdiskusi, latih siswa untuk mencari informasi dengan saling bertanya dan bertukar pendapat) 
  • Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa. 
  • Siswa mencermati informasi-informasi yang terdapat pada gambar tersebut. 
  • Siswa dengan bimbingan guru mencari beberapa alternatif yang berbeda untuk mencapai suatu tempat. 
  • Guru menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku siswa untuk membantu siswa mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang denah dan skala, seperti: Adakah lintasan lain yang dapat dilalui oleh Beni untuk menuju ke luar kota? Menurutmu, lintasan mana lebih pendek? 
  • Siswa diminta untuk membuat denah dari rumahnya ke rumah salah satu teman. 
  • Siswa dapat memilih teman yang ingin dibuat denah rumahnya. 
  • Siswa membuat tugas secara mandiri. 
  • Sebelum membuat denah, siswa diminta untuk menggali informasi tentang tempat-tempat umum yang ada di sekitar rumah teman tersebut. 
  • Siswa dapat mendiskusikan hasil gambarnya. 
  • Siswa diingatkan untuk menggunakan skala perbandingan yang tepat. 
  • Siswa diminta untuk mengikuti instruksi. 
  • Guru dapat berkeliling untuk memastikan siswa membuat denah dengan instruksi 
  • Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional pada bidang sosial. 
  • Siswa diminta mengemukakan pendapatnya tentang manfaat hubungan antara perdagangan dan bidang sosial. 
  • Guru dapat memberika pertanyaan arahan, seperti: Mengapa bidang sosial dapat mempengaruhi kerja sama perdagangan antarnegara? 
  • Siswa diminta pendapatnya tentang pengaruh sosial bagi perdagangan.
  • Siswa melakukan diskusi untuk menambah pemahamannya.
  • Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya secara mandiri dan percaya diri. 
  • Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun keterampilan komunikasinya. 

REMEDIAL 
Latihan 1 Apa yang dimaksud dengan lembaga pendidikan? 
Latihan 2 Sebutkan lembaga pendidikan formal yang kamu ketahui! 
Latihan 3 Sebutkan nama mata angin setelah Barat Daya! 
a. Timur b. Utara c. Selatan d. Barat 
Latihan 4 Sebutkan kegiatan perdagangan yang kamu ketahui! 
Latihan 5 Sebutkan perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan di sekolah! 
PENGAYAAN 
Latihan 1 Uraikan pendapatmu tentang pentingnya pendidikan! 
Latihan 2 Apa yang kamu lakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah? 
Latihan 3 Apa kegunaan denah?
Latihan 4 Sebutkan sikap yang tidak menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah. 
a. Membantu teman c. Mengejek teman 
b. Menyayangi teman d. Menghargai pendapat teman 
Latihan 5 Sebutkan masalah sosial yag kamu ketahui!

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. 
  • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. 
  • Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. 
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. 
  • Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1 Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 4"

Post a Comment