RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 6

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
Sub Tema               :  Cara Menjaga Kerukunan (ST3)
Pembelajaran ke     :  6
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 6

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

IPS
3.4 Memahami manusia Indonesia dalam aktivitas yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi, dan budaya, dalam masyarakat Indonesia.
3.4.3. Mengenal bentuk, fungsi, dan peran kelembagaan pendidikan yang ada di masyarakat. 
4.4 Menceritakan secara tertulis pemahaman tentang manusia Indonesia dan aktivitasnya yang yang terkait dengan fungsi dan peran kelembagaan sosial, ekonomi, dan budaya dalam masyarakat Indonesia.
4.4.1. Membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya.

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.14 Menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang pengembangan teknologi.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3.13 Memaparkan pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang pengembangan teknologi bagi Indonesia.

SBdP
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
3.2.1 Memahami harmoni musik.
4.10 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan iringan musik 
4.10.4 Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan iringan musik.

PPKn
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat.
3.4.9 Menjelaskan akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di masyarakat.
4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah, dan masyarakat. 
4.4.9 Membuat ikrar untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan membaca teks bacaan, siswa mampu menjelaskan akibat-akibat tidak adanya persatuan dan kesatuan di masyarakat dengan teliti. 
  • Dengan berdiskusi dalam kelompok, siswa mampu membuat ikrar untuk meningkatkan penerapan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar dengan rasa tanggung jawab. 
  • Dengan membaca teks dan diskusi, siswa mampu menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang pengembangan teknologi dengan rasa ingin tahu. 
  • Dengan diskusi kelompok, siswa mampu memaparkan pentingnya kegiatan perdagangan internasional dalam bidang pengembangan teknologi bagi Indonesia dengan percaya diri. 
  • Dengan membaca teks dan diskusi, siswa mampu menjelaskan bentuk, fungsi, dan peran kelembagaan pendidikan yang ada di masyarakat. 
  • Dengan memaparkan hasil diskusi kelompok secara tertulis, siswa mampu Membuat artikel sederhana mengenai manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait dengan fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya dengan mandiri. 
  • Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu memahami harmoni musik dengan percaya diri. 
  • Dengan mempraktekkan tari siswa mampu memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan iringan musik dengan percaya diri. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: 
  • Persatuan dan kesatuan di masyarakat 
  • Persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar 
  • Manfaat perdagangan internasional dalam bidang pengembangan teknologi 
  • Manusia Indonesia dan aktivitasnya yang terkait fungsi dan perannya di lembaga sosial, ekonomi, dan budaya 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, Teks bacaan tentang hubungan kerja sama antarbangsa suatu negara

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. 
  • Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
Pembelajaran diawali dengan mengamati gambar pada buku siswa. 
  • Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa. 
  • Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang gambar tersebut. 
  • Siswa diminta mengulang kembali pembelajaran tentang perilaku yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang ada dalam keluarga 
  • Guru menanyakan kepada siswa sikap apa yang telah mereka lakukan dirumah untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam keluarga. 
  • Siswa diminta untuk pro-aktif dalam diskusi. 
  • Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan di buku siswa dengan benar berdasarkan hasil pengamatannya. 
  • Guru membimbing siswa agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas. 
  • Siswa berdiskusi dalam kelompok unutk mendiskusikan akibat-akibat yang akan terjadi apabila tidak ada rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat 
  • Siswa bekerja sama untuk mengidentifikasikan akibat-akibat tersebut. 
  • Siswa menggunakan keterampilannya dalam bertanya dan bertukar pendapat/informasi tentang akibat-akibat yang timbul karena tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan dalam kehiduoan masyarakat 
  • Siswa menuliskan hasil diskusinya dalam sebuah laporan tertulis yang merupakan rangkuman pendapat dari semua anggota kelompok
  • Siswa membaca teks bacaan tentang google glass yang terdapat pada buku siswa. 
  • Siswa dibimbing untuk memperhatikan gambar dan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti. 
  • Siswa diminta untuk memberikan pendapat tentang gambar yang ada di teks bacaan. 
  • Siswa dibimbing untuk memahami kosakata yang tidak diketahui. 
  • Siswa diminta untuk menggali informasi tentang google glass. 
  • Siswa mengukur pemahamnnya tentang teks bacaan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan bacaan. 
  • Siswa mengukur pemahamannya tentang manfaat perdagangan internasional bagi bangsa Indonesia dalam bidang teknologi melalui pertanyaan-pertanyaan bacaan. 
  • Siswa mengulang kembali pembelajaran tentang bentuk-bentuk lembaga yang ada di Indonesia. 
  • Siswa mencari informasi tentang peran dan fungsi lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal. 
  • Siswa saling bertukar pendapat untuk mendapatkan jawaban yang lebih lengkap. 
  • Siswa diminta untuk membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri. 
  • Siswa diminta mengulang kembali pembelajaran tentang peran serta masyarakat dalam bidang sosial, ekonomi, dan budaya. 
  • Siswa diminta untuk membuat artikel tentang peran serta masyarakat dalam bidang sosia, ekonomi, dan budaya. 
  • Siswa dibagi kedalam kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa. 
  • Siswa diminta untuk menggali informasi melalui buku, majalah atau internet. 
  • Siswa diminta menggali informasi dari orangtua atau guru. 
  • Siswa diminta untuk mengikuti instruksi. 
  • Guru dapat berkeliling untuk memastikan siswa membuat artikel sesuai dengan instruksi
  • Setelah selesai membuat laporan, siswa diarahkan kegiatan selanjutnya. 
  • Siswa mengulang kembali pembelajaran sebelumnya tentang gerakan tari yang mengiringi lagu. 
  • Siswa diminta untuk memahami pentingnya keselarasan antara gerakan tari dan lagu. 
  • Siswa diminta untuk melakukan gerakan Tari Dut Bidut dengan iringan tepuk tangan. 
  • Siswa diminta mengemukakan pendapatnya tentang kegiatan tersebut. 

REMEDIAL 
Latihan 1 Apa akibatnya jika tidak ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam keluarga? 
Latihan 2 Sebutkan tarian daerah yang kamu ketahui! 
Latihan 3 Apakah pengaruh pengembangan teknologi dalam kerja sama perdagangan? 
Latihan 4 Sebutkan benda-benda produksi dalam negeri yang kamu ketahui! 
Latihan 5 Sebutkan perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam keluarga! 

PENGAYAAN 
Latihan 1 Apakah kita perlu mengikuti perkembangan teknologi? 
Latihan 2 Apa yang kamu lakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam keluarga? 
Latihan 3 Apa yang dimaksud dengan lembaga pendidikan nonformal yang kamu ketahui? 
Latihan 4 Sebutkan lembaga sosial yang kamu ketahui! 
Latihan 5 Bagaimana jika kita tidak mengikuti perkembangan teknologi?

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. 
  • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. 
  • Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. 
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. 
  • Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 6"

Post a Comment