RPP Kelas 5 tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 1

RPP Kelas 5 tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 1

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema               :  Lingkungan Sehat (ST3)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 1

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Matematika
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola. 
4.10 Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik. 
Indikator 
• Menyatakan relasi yang terkait kejadian sehari-hari.

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
Indikator 
• Menyimak bacaan tentang lingkungan sehat. 
• Mengenali jenis-jenis gangguan kesehatan melalui bacaan. 
• Membuat kesimpulan berdasarkan bacaan tentang kesehatan manusia.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan menjawab pertanyaan dari guru tentang fakktor-faktor penyebab munculnya gangguan kesehatan, siswa dapat menyebutkan faktor-faktor penyebab munculnya gangguan-gannguan pada kesehatan. 
  • Dengan mencari tahu melalui kegiatan membaca atau bertanya tentang macam, penyebab, dan cara penyembuhan penyakit, siswa menuliskan macam-macam, penyebab, dan cara peneyembuhan penyakit dengan benar. 
  • Dengan membaca teks tentang gangguan asma pada anak, siswa dapat menemukan gejala-gejala, penyebab, dan penyembuhan pada penyakit asma. 
  • Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan gangguan asma pada anak, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. 
  • Dengan melengkapi kolom kelompok relasi, siswa dapat menunjukkan relasi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: faktor-faktor penyebab munculnya gangguan pada kesehatan, macam-macam, penyebab, dan cara penyembuhan penyakit, gejala-gejala, penyebab, dan peyembuhan pada penyakit asma, relasi dalam kehidupan sehari-hari, faktor-faktor penyebab munculnya gangguan pada kesehatan. 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, teks.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
• Awal pembelajaran dimulai dengan kegiatan motivasi. Gunakan narasi dan pertanyaan-pertanyaan untuk menstimulus ide dan tanggapan siswa. Bacakan narasi ini pada anak. 
Manusia rentan dengan berbagai macam penyakit. Banyak hal yang menyebabkan penyakit itu mengganggu kesehatan manusia, di antaranya karena faktor kebersihan lingkungan, pola makan, pola istirahat, dan kurangnya aktivitas yang menyehatkan, misalnya olahraga. 
• Kegiatan ini juga dapat digunakan untuk memancing pemahaman awal peserta didik mengenai materi pembelajaran yang akan dilakukan. 
• Tumbuhkan rasa ingin tahu siswa tentang pelajaran yang akan dilalui.
- Siswa mengamati dua gambar pada buku siswa tentang lingkungan yang sehat 
- Selesai mengamati gambar, secara mandiri siswa menuliskan pendapatnya terhadap gambar. 
Alternatif pembelajaran yang dilakukan, antara lain sebagai berikut. 
1. Setiap siswa membacakan pendapatnya yang telah ditulis, lalu teman yang lain memberikan umpan balik. 
2. Membentuk kelompok diskusi untuk saling bertukar pendapat.
- Guru meminta seorang siswa membaca teks yang berjudul Lingkungan Sehat. 
- Siswa yang lain menyimak dengan seksama. 
- Selesai menyimak, secara mandiri semua siswa membuat kesimpulan berdasarkan bacaan yang telah disimaknya. 
- Siswa mencari tahu tentang berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan manusia. 
Alternatif pembelajaran: 
1. Siswa dapat mencari tahu dengan bertanya kepada orang yang memiliki kompetensi dan pengetahuan tentang berbagai penyakit yang mengganggu kesehatan manusia.
2. Siswa dapat mencari melalui buku, artikel di internet, koran, atau majalah. 
3. Siswa dapat berdiskusi
- Siswa membaca teks yang berjudul Gejala Asma Pada Anak, Penyebab dan Pencegahan.
- Setelah membaca, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan. 
- Siswa mengerjakan secara mandiri. 
- Guru berkeliling dan memandu siswa yang mengalami kesulitan. 
- Siswa melengkapi diagram yang menunjukkan relasi pada buku siswa dengan memasangkan nama anak dengan olahraga yang disukai berdasarkan narasi pada buku siswa. 
- Selesai melengkapi diagram, siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan diagram yang telah dikerjakan. 
- Siswa mengerjakan secara mandiri. 
• Secara individual siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung. 
• Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban setiap siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa mengenai bentuk-bentuk gangguan kesehatan dan relasi.
• Siswa menuliskan mengenai olahraga yang disukai setiap anggota keluarganya dan diminta untuk membuatnya dalam bentuk diagram relasi. 
• Untuk mengoptimalkan kerja sama, siswa dapat meminta orang tuanya untuk berdiskusi dan saling bertukar pendapat.

c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 tema 4 Subtema 3 Pembelajaran ke 1"

Post a Comment