Kelas/Semester : 5/1
Tema : Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
Sub Tema : Cara Menjaga Kerukunan (ST3)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti
- Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
PJOK
3.3 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
Menjelaskan cara melompat mencapai sasaran dengan gaya yang benar.
4.3 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam atletik nomor lompat, dan lempar melalui permainan/olahraga yang dimodifikasi dan atau olahraga tradisional.
Lompat mencapai sasaran dengan gaya yang benar.
SBdP
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah.
• Memahami harmoni musik.
4.10 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan iringan musik.
• Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi menjadi tarian pendek.
IPA
3.4 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Mencari contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik.
4.4 Membuat kompas sederhana untuk mendeteksi medan magnet bumi.
• Merancang cara membuat kompas sederhana.
• Membuat kompas sederhana.
Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang ekonomi.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Memaparkan pentingnya kegiatan perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia.
C. Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamati langkah-langkah bermain lompat katak, siswa mampu menjelaskan cara melompat mencapai sasaran dengan gaya yang benar dengan percaya diri.
- Dengan bermain lompat katak, siswa mampu melompat mencapai sasaran dengan gaya yang benar dengan mandiri.
- Dengan melakukan pengamatan terhadap alat-alat listrik yang digunakan sehari-hari di rumah, siswa mampu memberikan contoh alat rumah tangga yang memanfaatkan perubahan energi listrik dengan cermat.
- Dengan berdiskusi dalam kelompok, siswa menjelaskan manfaat perdagangan internasional dalam bidang ekonomi dengan percaya diri.
- Dengan menyajikan hasil diskusi kelompoknya, siswa memaparkan pentingnya perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia dengan percaya diri.
- Dengan melakukan percobaan sederhana, siswa mampu merancang cara membuat kompas sederhana dengan cermat.
- Dengan melakukan percobaan sederhana, siswa mampu membuat kompas sederhana dengan mandiri.
- Dengan menari, siswa merangkai gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan percaya diri.
D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
Cara melompat mencapai sasaran gaya yang benar
Terhadap alat-alat listrik yang digunakan sehari-hari di rumah
Perubahan energi listrik
Pentingnya perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia
Cara membuat kompas sederhana
Rangkaian gerak tari
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media:
Buku, teks bacaan tentang perdagangan internasional, teks bacaan tentang kompas, Lagu dan tarian daerah
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
- Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
- Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
- Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
- Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan Inti
Pembelajaran diawali dengan mengamati gambar pada buku siswa.
- Siswa diminta untuk mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
- Siswa diminta untuk menjelaskan kegiatan yang terdapat pada gambar yang sedang diamati.
- Guru menstimulus pengetahuan siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti: Apakah kamu suka melompat? Sebutkan olah raga yang menggunakan teknik melompat yang kamu ketahui!
- Siswa diminta pedapatnya tentang gambar yang diamati.
- Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan.
- Mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan variasi pemanasan, dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
- Siswa diarahkan untuk kegiatan selanjutnya.
- Siswa diminta untuk melakukan lompatan yang meniru lompatan katak.
- Siswa diminta untuk melompat pada sasaran yang sudah disiapkan.
- Siswa diminta untuk mengikuti instruksi guru.
- Guru memeragakan gerakan melompat katak.
- Siswa diminta untuk mengikuti instruksi guru.
- Siswa membaca teks bacaan pada buku siswa dengan cermat.
- Siswa diminta untuk mengamati gambar. (Beni berdiri di depan kipas angin)
- Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyan pancingan seperti Sebutkan alat-alat yang kamu lihat apda gambar? Bagaiamana alat tersebut bisa bekerja?
- Guru menulis jawaban siswa di papan tulis.
- Siswa diminta menyebutkan alat-alat rumah tangga lainnya yang memanfaatkan tenaga listrik.
- Kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan peralatan yang menggunakan sumber listrik.
- Siswa berdiskusi tentang perubahan energi listik menjadi energi-energi lain yang bermacam-macam (kaitkan diskusi ini dengan pengalaman siswa sehari-hari)
- Siswa diminta untuk mengidentifikasi alat-alat rumah tangga yang memanfaatkan energi listrik dan menjelaskan kegunaan peralatan tersebut pada aktivitas sehari-hari.
- Siswa diminta mengisi tabel pada buku siswa dengan menulis nama peralatan rumah tangga yang mengubah energi listrik menjaadi energi tertentu.
- Siswa berdiskusi dalam kelompok mengenai manfaat perdagangan internasional dalam bidang ekonomi.
- Siswa bersama kelompok mengindentifikasi manfaat perdagangan internasional tersebut khusunya bagi Indonesia.
- Setiap kelompok diminta untuk menuliskan hasil diskusinya di dalam kotak yang disediakan di buku siswa atau di kertas lain.
- Setiap kelompok diberi kesempatan untuk membandingkan hasil diskusi kelompoknya dengan kelompok lainnya.
- Siswa bersama kelompok kerjanya melengkapi jawabannya dengan menggunakan informasi-informasi tambahan yang didapatkan dari kelompok lain.
- Siswa diminta untuk membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri.
- Siswa dibimbing untuk memperhatikan gambar dan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
- Siswa diminta untuk melakukan percobaan membuat kompas sederhana Siswa dibagi kedala kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa. Siswa diminta untuk menyediakan bahan-bahan percobaan: Sebuah jarum jahit, sebuah magnet batang, selembar kertas mika berbentuk persegi ukuran 5cm x 5cm, sebuah piring plastik, air secukupnya.
- Siswa membaca langkah-langkah percobaan.
- Siswa melakukan percobaan dengan mengikuti instruksi yang diberikan.
- Guru dapat berkeliling untuk memastikan siswa melakukan percobaan sesuai dengan instruksi
- Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil “Membuat Kompas Sederhana“ secara mandiri dan percaya diri
- Siswa diberi umpan balik yang konstruktif baik tentang hasil karyanya maupun keterampilan komunikasinya
- Siswa mengamati gambar yang disajikan pada buku siswa.
- Siswa mencermati gerakan-gerakan pada tari Dut Bidut.
- Siswa berlatih untuk menirukan rangkaian gerakan tersebut menjadi sebuah tarian sederhana.
- Siswa menggunakan imajinasi dan kreasinya dalam menambah rangkaian gerakan pada tari.
REMEDIAL
Latihan 1 Sebutkan perubahan energi yang terjadi pada kipas angin yang menyala!
Latihan 2 Sebutkan peralatan rumah tangga yang mengalami perubahan energi listrik menjadi energi bunyi!
a. Kipas angin b. Kompor listrik c.Lampu belajar d. Radio
Latihan 3 Sebutkan kerja sama antarnegara yang kamu ketahui!
Latihan 4 Apakah yang dimaksud dengan kerja sama?
Latihan 5 Apakah kerja sama termasuk perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan?
PENGAYAAN
Latihan 1 Apakah keuntungan kerja sama perdagangan bagi perekonomian Indonesia?
Latihan 2 Apakahyang dimaksud dengan kompas?
Latihan 3 Apa kegunaan kompas?
Latihan 4 Apa yang kamu lakukan saat kamu merasa gembira?
a. Menangis b. Menari c. Mengepel d.Tidur
Latihan 5 Apakah yang kemu ketahui tentang kegiatan impor?
c. Kegiatan Penutup
- Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
- Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
- Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
- Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini.
- Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
- Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.
G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.
0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran ke 2"
Post a Comment