RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 6

Berikut ini adalah RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 6. Silahkan di share semoga bermanfaat untuk membantu melengkapi administrasi Bapak / Ibu guru.

RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 6

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Sehat itu Penting (T4)
Sub Tema               :  Pola Hidup Sehat (ST2)
Pembelajaran ke     :  6
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 6

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

IPS
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia. 
  • Menunjukkan perilaku manusia yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan alam. 

4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia. 
  • Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya. 

Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
  • Mencari informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia. 

3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
  • Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat memengaruhi kesehatan. 

4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku. 
  • Mengolah informasi dari teks laporan buku tentang kesehatan manusia. 

PPKn
3.2 Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah. 
  • Menjelaskan akibat dilanggarnya hak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. 


4.2 Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan di lingkungan rumah, dan sekolah. 
  • Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. 
  • Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap guru dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. 
  • Berperilaku sesuai dengan kewajiban terhadap Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. 

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari. 
  • Menyebutkan fungsi properti tari. 

4.11 Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan. 
  • Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik. 

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan mengamati gambar, kerja bakti siswa dapat menyebutkan berbagai aktivitas yang dilakukan dalam kerja bakti dengan percaya diri. 
  • Dengan mencari bacaan tentang kerja bakti, siswa memfotokopi, menempelkan, dan membaca dengan cermat. 
  • Denngan melakukan kerja bakti, siswa mengetahui hak dan kewajibannya terhadap lingkungannya. 
  • Dengan menulis kembali bacaan tentang kerja bakti, siswa memiliki keterampilan menulis menggunakan kosa kata baku dan tanda baca yang benar. 
  • Dengan kegiatan memperagakan gerakan tari, siswa dapat melakukan beberapa gerakan tari menggunakan properti dengan diiringi lagu dengan benar. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam kerja bakti, kerja bakti, cara menulis degan menggunakan kosa kata yang baku dan tanda baca yang benar,  gerakan tari dengan menggunakan properti dan iringan lagu.

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, gambar, dan properti tari.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
• Awal pembelajaran, guru menerangkan sebuah narasi bahwa dengan menerapkan pola hidup sehat sangat menyenangkan. 
• Pada pembelajaran kali ini guru mengajak siswa untuk menyimpulkan dan menerapkan berbagai cara hidup sehat yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. 
- Pergunakan gambar yang tersedia pada buku siswa untuk menstimulus ide, gagasan, dan pendapat siswa. 
- Setelah mengamati gambar, siswa menuliskan hasil pengamatannya pada kolom yang tersedia di buku siswa tentang aktivitas yang nampak pada gambar.
- Guru bersama siswa melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan kelas dan lingkungan sekolah. 
- Guru memfasilitasi siswa untuk melakukan pembagian kerja secara merata.
- Setelah kerja bakti, siswa mengerjakan soal latihan di buku siswa berkaitan dengan kegiatan kerja bakti. 
- Siswa menuangkan pengalamannya dalam kerja bakti untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa. 
- Guru membangun suasana yang menyenangkan dan penuh keakraban, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan pengalamannya secara mandiri dan percaya diri. 
- Guru berkeliling dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
- Siswa mencari bacaan dari surat kabar, majalah, atau internet tentang kerja bakti. 
- Siswa membaca bacaan tersebut. Kemudian, difotokopi dan digunting bila bacaan dari surat kabar atau majalah. Jika bacaan dari internet mintalah bantuan untuk mengkopi bacaan tersebut dan dicetak.
- Siswa menempelkan bacaan yang telah diperoleh pada kolom yang tersedia di buku siswa. 
- Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di perpustakaan, halaman, ruang kesenian, dan aula.
- Guru memberikan kesempatan bagi masing-masing siswa untuk menuliskan kembali bacaan yang telah diperolehnya sesuai dengan pemahamannya. 
- Ajarkan pada siswa untuk menggunakan kosa kata baku dan tanda baca benar.
- Siswa memperagakan gerakan tari hasil eksplorasinya/dibuatnya sendiri yang menirukan gerakan kupu-kupu pada kegiatan pembelajaran sebelumnya dengan menggunakan properti selendang dan dengan iringan yang telah dipilihnya. 
- Untuk memberikan suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di halaman, ruang kesenian, dan aula.
- Siswa mengamati gambar secara seksama. 
- Bangun suasana belajar yang penuh keakraban sehingga siswa percaya diri menuliskan informasi yang diperoleh dari kegiatan pengamatan berdasarkan pertanyaan yang ada di buku siswa.
• Secara mandiri siswa mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung. 
• Siswa mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini pola hidup sehat dan gerakan-gerakan tari dengan properti dan iringan.
• Siswa mengemukakan berbagai hal berkaitan dengan kerja bakti. 
• Untuk mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat bekerja sama dengan orang tuanya untuk berdiskusi dan bertukar pendapat.

c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke 6"

Post a Comment