RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 5

Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke     :  5
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 5

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

IPA
3.2 Mengenal bagian tumbuhan serta mendeskripsikan fungsinya.
  • Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.

4.2 Menuliskan ide-idenya tentang pemanfaatan bagian tumbuhan di sekitarnya bagi manusia.
  • Mencari informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia.

PJOK
3.5 Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani. 
  • Menyebutkan contoh-contoh aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru. 

4.5 Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani. 
  • Merencanakan program latihan daya tahan secara individual. 
  • Melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari. 
  • Menyebutkan fungsi properti tari. 

4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
  • Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.

Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
  • Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.

4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
  • Mempresentasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan membaca teks bacaan tentang bermain penjaga benteng, siswa mampu menyebutkan contoh-contoh aktivitas latihan jantung dan paru dengan cermat.
  • Dengan bermain penjaga benteng, siswa mampu melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu dengan mandiri. 
  • Dengan berdiskusi tentang aktivitas latihan fisik, siswa mampu merencanakan program latihan daya tahan secara individual dengan percaya diri. 
  • Dengan berdiskusi dan melengkapi tabel, siswa mampu mengidentifikasikan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan teliti. 
  • Dengan membuat peta pikiran tentang pohon kelapa yang sangat berguna, siswa mampu mencari dan menyajikan informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia dengan cermat. 
  • Dengan menggali informasi dari bacaan manfaat enceng gondok, siswa mampu mencari informasi tentang pemanfaatan bagian tumbuhan bagi manusia dengan rasa ingin tahu. 
  • Dengan mengerjakan proyek temukan dan laporkan, siswa mampu mempresentasikan bagian, fungsi dan manfaatnya bagi manusia dengan percaya diri.
  • Dengan menggali informasi dari percakapan, siswa mampu menyebutkan dan menjelaskan fungsi properti tari dengan cermat.
  • Dengan berlatih menari, siswa memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik dengan percaya diri. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Program latihan daya tahan secara individual 
• Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya 
• Manfaat bagian-bagian pohon kelapa 
• Manfaat enceng gondok 
• Bagian, fungsi dan manfaat tumbuhan bagi manusia 
• Fungsi properti tari 
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku Teks, Teks bacaan Pohon Kelapa yang Sangat Berguna, Teks bacaan Manfaat Enceng Gondok, Gambar pohon kelapa, gambar tanaman enceng gondok. Bahan-bahan untuk membuat properti tari.

E. Metode Pembelajaran
  • Scientific/Cooperative Learning
  • Penugasan
  • Tanya Jawab
  • Diskusi
  • Ceramah, dan
  • PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan  pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
  • Mulai kegiatan PJOK dengan kegiatan pemanasan, dan sosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 
  • Bagi siswa kedalam kelompok untuk bermain penjaga benteng.
  • Berikanlah penjelasan kepada siswa tentang peraturan - peraturan dalam bermain penjaga benteng.
  • Setelah siswa selesai bermain penjaga benteng ajaklah siswa untuk mendiskusikan pertanyaan yang terdapat pada buku siswa, kaitkan diskusi pertanyaan tersebut dengan program latihan daya tahan tubuh.
  • Siswa diminta untuk membaca dengan cermat teks bacaan yang terdapat dibuku siswa 
  • Perdalam pemahaman siswa tentang bacaan tersebut dengan menanyakan hal – hal penting apa saja yang terdapat pada bacaan tersebut.
  • Stimulasi keingin tahuan siswa dengan melontarkan pertanyaan seperti: terbuat dari jaringan apakah jantung dan paru - paru kita? 
  • Mintalah siswa untuk bertanya lebih jauh lagi tentang kerja jantung dan paru - paru.
  • Siswa menuliskan pertanyaan - pertanyaannya ke dalam kartu tanya.
  • Guru menerangkan sebuah contoh latihan yang baik untuk meningkatkan kerja jantung dan paru-paru, yaitu : Lari berbelok-belok.
  • Guru menjelaskan aturan dalam aktifitas Lari berbelok-belok tersebut.
  • Siswa dibagi menjadi dua kelompok, permainan diulang sebanyak 2 kali.
  • Setelah bermain mintalah siswa untuk mengamati perubahan detak jantung dan juga keteraturan nafasmu setelah berlari untuk mengetahui apa yang terjadi. 
  • Siswa membaca teks percakapan dan mencermati teks percakapan yang terdapat pada buku siswa.
  • Guru mengukur pemahaman siswa tentang percakapan tersebut dengan menanyakan informasi apa saja yang mereka dapatkan.
  • Stimulasi rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang fungsi dari tanaman bagi kehidupan manusia.
  • Siswa diminta untuk mencari dan melengkapi fungsi dari bagian - bagian tanaman serta manfaat dari dari tanaman tertentu.
  • Mintalah siswa untuk melengkapi tabel.
  • Siswa diminta untuk mencari gambar kelapa yang utuh dari akar sampai ujung atas untuk diamati.
  • Setelah mengamati setiap bagiannya mintalah siswa untuk menuangkannya ke dalam peta pikiran yang memiliki cabang - cabang berupa bagian - bagian kelapa dan tugas /fungsi tiap bagian itu bagi tumbuhan itu sendiri.
  • Dari tiap fungsi itu , buatlah cabang-cabang baru, yang menginformasikan manfaat apa yang dapat kita ambil. Informasi dari siswa masing-masing di atas dapat digunakan juga untuk membantu. Peta pikiran dilengkapi dengan gambar yang jelas pada bagian - bagian tersebut.
  • Mintalah siswa untuk mempresentasikan hasil membuat peta pikiran mereka didepan kelas (Kegiatan Menalar).
  • Siswa membaca teks bacaan tentang tanaman eceng gondok yang terdapat pada buku siswa.
  • Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan apa saja hal - hal penting yang terdapat pada bacaan tentang tanaman eceng gondok.
  • Guru mendiskusikan pertanyaan - pertanyaan untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang eceng gondok dengan menanyakan; Apakah kegunaan tanaman eceng gondok? Bagaimana tumbuhan enceng gondok dimanfaatkan?, Apa pelajaran yang bisa kamu ambil dari bacaan? 
  • Selanjutnya mintalah siswa untuk mengamati dan mencatat penggunaan tumbuhan yang ada di rumah, termasuk semua jenis buah dan sayuran yang siswa dan keluarganya konsumsi setiap hari.
  • Siswa diminta untuk mencatat dengan rinci, bagian tanaman manakah yang dipergunakan itu dan untuk apakah kegunaannya.
  • Siswa membaca teks bacaan dan teks percakapan tentang mempersiapkan properti atau segala peralatan dan kostum untuk menari.
  • Mintalah siswa untuk menuliskan apa funrgsi properti dalam sebuah seni tari.
  • Guru membimbing siswa untuk tugas selanjutnya yaitu membuat pertunjukkan seni tari 
  • Siswa memilih sebuah lagu yang menarik, lalu mengarang dan melatih beberapa gerakan tari yang sesuai dengan irama dan jiwa lagu yang telah dipilih siswa.
  • Mintalah siswa untuk membuat beberapa properti untuk tariannya dari bagian-bagian tanaman yang ada di sekitarnya. 
  • Beri pemahaman pada siswa bahwa properti digunakan untuk membantu menegaskan pesan yang ingin disampaikan oleh tariannya, dan juga untuk memperindah penampilan. (Kegiatan Mengkomunikasikan).

c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 5"

Post a Comment