RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 4

RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 4 silahkan di copy untuk keperluan administrasi bapak/ibu guru.

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke     :  4
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  • Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  • Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  • Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  • Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 4

Matematika
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana.
  • Melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua antara 25 sampai 1000.

4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka.
  • Menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan konsep perpangkatan antara bilangan 25 – 1000.

IPS
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia 
  • Mengidentifikasi kenampakan alam utama di berbagai wilayah di Indonesia.

4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
  • Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

4.5 Menceritakan secara tertulis hasil kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
  • Menyusun artikel sederhana untuk kemudian di pajang pada majalah dinding mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

PPKn
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
  • Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kedua Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
  • Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila kedua Pancasila.

Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
  • Mendeskripsikan kenampakan alam utama Indonesia dalam pantun atau syair.

4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
  • Menyunting pantun dan syair tentang kenampakan alam utama Indonesia.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan menggali informasi dari diskusi dan bacaan, siswa mampu mengidentifikasikan kenampakan alam utama di berbagai wilayah di Indonesia dengan cermat. 
  • Dengan membuat kliping, siswa mampu menjelaskan tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya dengan bertanggung jawab.
  • Dengan membuat catatan kecil tentang kliping, siswa mampu menyusun artikel sederhana tentang keterkaitan kehidupan manusia dengan kondisi geografis di lingkungannya dengan mandiri.
  • Dengan membaca pantun, siswa mampu mendeskripsikan kenampakan alam utama Indonesia dengan percaya diri.
  • Dengan membaca pantun dan syair, siswa mampu menyunting pantun dan syair tentang kenampakan alam utama Indonesia dengan teliti.
  • Dengan membuat proyek Kabar di dalam Gambar, siswa mampu memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dan menceritakannya kepada temannya dengan percaya diri. 
  • Dengan menggunakan cerita realita kehidupan, siswa mampu melakukan operasi hitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua dengan cermat.
  • Dengan menggunakan konsep pemahan tentang bilangan berpangkat, siswa mampu menyelesaikan permasalahan matematika dengan mandiri.

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Kenampakan alam utama Indonesia 
• Hubungan aktivitas manusia dengan kondisi geografis 
• Menyunting pantun dan syair 
• Konsep bilangan berpangkat 
• Pengamalan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, Gambar penampakan alam, kenampakan alam dan adaptasi masyarakat sekitarnya, Syair, konsep perpangkatan dan berbagai hasil bilangan pangkat dua, operasi hitung bilangan berpangkat dua.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
  • Mulai kegiatan dengan membaca seksama sebuah percakapan tentang pemanfaatan rotan di sebuah toko. 
  • Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 
  • Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti : Apakah adaptasi atau interaksi itu? Jika masyarakat tinggal di sekitar laut, maka apa yang mereka lakukan untuk bertahan hidup sehari-harinya? 
  • Siswa diminta membaca pertanyaan kunci setelah membaca percakapan dan mencoba menjawabnya dengan pemikiran yang logis. 
  • Siswa diminta menyampaikan pendapat mereka masing-masing tentang mengapa adaptasi dan interaksi masyarakat berkaitan erat dengan jenis daerah tempat masyarakat tinggal?
  • Siswa diminta membaca dan menganalisis teks bacaan tentang Kenampakan alam dan adaptasi masyarakat sekitarnya untuk mencari hubungan dalam topik bacaan tersebut. 
  • Siswa bertanya jawab dengan temannya tentang teks bacaan untuk menggali informasi penting dalam bacaan.
  • Siswa berdiskusi dan saling mengajukan pertanyaan berdasarkan topik dalam bacaan 
  • Siswa diminta untuk membuat daftar pertanyaan tentang permasalahan berdasarkan pemahaman mereka setelah membaca teks bacaan. 
  • Siswa bekerja secara kelompok beranggotakan 5 orang.
  • Siswa dengan bimbingan guru mencari data dari berbagai sumber tentang perilaku-perilaku yang sesuai nilai Pancasila.
  • Siswa mencari informasi selengkap mungkin tentang kenampakan alam dari berbagai sumber.
  • Siswa mengumpulkan potongan-potongan informasi tersebut sebagai bahan membuat kliping. 
  • Siswa mencari keterangan tentang mata pencaharian utama dan makanan pokok utama masyarakat di sekitar kenampakan alam tersebut dengan mewawancarai masyarakat sekitar.
  • Siswa mengumpulkan informasi dan mencari hubungan kondisi geografis dengan kondisi masyarakat sekitar dalam bentuk catan kecil atau artikel singkat. 
  • Siswa membaca syair yang disajikan pada buku siswa dengan mandiri.
  • Siswa mendeskripsikan kenampakan alam utama Indonesia melalui pantun yang mereka baca. 
  • Siswa membacakan syair dengan lantang dan mengidentifikasikan makna dan pesan dari pantun tersebut.
  • Siswa mengemukakan pendapat tentang penggunaan rima dan pemilihan kata pada syair yang disajikan.
  • Berdasarkan syair yang dibaca, siswa diberi kesempatan untuk menuliskan kembali isi syair dengan pilihan kata sendiri. 
  • Siswa dibimbing untuk mencermati instruksi dan panduan dalam menulis syair (syair berisi tentang kenampakan alam Indonesia, syair juga menampilkan informasi tentang kehidupan masyarakat sekitar). 
  • Pada kegiatan ini, siswa dilatih untuk mencari bukti tentang pengamalan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyajikannya dalam bentuk proyek Kabar di dalam Gambar dan menceritakannya dengan percaya diri di depan kelas. 
  • Siswa mencari atau membuat gambar tentang sebuah keadaan di rumah dimana dalam gambar tersebut terlihat bagaiamana sebuah barang atau fasilitas digunakan secara bersama-sama 
  • Siswa menyusun sebuah cerita singkat berupa butir-butir yang bisa mereka kembangkan lebih lanjut tentang pengalaman mereka dalam menggunakan fasilitas tersebut bersama dengan anggota keluarga lainnya.
  • Siswa mengaitkan cerita tersebut dengan nilai-nilai Pancasila terutama sila kedua dan ketiga. 
  • Siswa menceritakan hasil proyeknya ke depan kelas dengan percaya diri. (Kegiatan Mengkomunikasikan).
  • Siswa mengingat kembali pemahamannya tentang bilangan berpangkat.
  • Siswa mengolah informasi yang disajikan dalam soal dan menggunakan pemahamannya tentang konsep bilangan berpangkat untuk memecahkan soal.

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. 
  • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. 
  • Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. 
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. 
  • Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

1 Response to "RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 4"

  1. 1xbet korean review - legalbet.co.kr
    1xbet korean review - legalbet.co.kr. Legalbet Sports Book, 1xBet Virtual Sports Book, Sports Bets, 1xbet Live Betting, 1xbet Online 1xbet partenaire Betting,

    ReplyDelete