RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 6

Tema                      :  Bangga sebagai Bangsa Indonesia (T5)
Sub Tema               :  Indonesiaku, Bangsa yang Kaya (ST1)
Pembelajaran ke     :  6
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 6

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PPKn
3.1 Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
• Menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.

Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Mengidentifikasi sifat dan karakteristik manusia Indonesia dalam kaitnnya dengan ligkungan alamnya melalui pantun dan syair. 
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Membaca pantun kehidupan manusia Indonesia dengan lingkungannya.

IPS
3.5 Memahami manusia Indonesia dalam bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
• Menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan alamnya. 
4.5 Menceritakan secara tertulis hasil kajian mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
• Menyusun artikel sederhana untuk kemudian di pajang pada majalah dinding mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

SBdP
3.3 Memahami fungsi properti yang dapat digunakan dalam tari. 
• Menyebutkan fungsi properti tari. 
4.12 Memperagakan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan.
• Memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggununakan properti dan iringan musik.

C. Tujuan Pembelajaran 
  • Dengan menyimak dan mencermati teks percakapan, siswa mampu memberikan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat dan kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan cermat.
  • Dengan berdiskusi, siswa mampu menceritakan perilaku di sekitar rumah sesuai nilai-nilai dari sila keempat Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan percaya diri.
  • Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa mampu menunjukkan sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan alamnyadengan teliti.
  • Dengan menceritakan upacara adat khas daerah secara tertulis, siswa mampu menyusun artikel sederhana mengenai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dengan mandiri.
  • Dengan membuat dan membaca pantun, siswa mampu mengidentifikasi sifat dan karakteristik manusia Indonesia dalam kaitnnya dengan ligkungan alamnya dengan percaya diri.
  • Dengan mempersiapkan pertunjukan tari, siswa mampu menyebutkan fungsi properti pada tari dengan teliti.
  • Dengan menampilkan pertunjukkan tari, siswa mampu memperagakan rangkaian gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti dan iringan musik dengan percaya diri. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: • Perilaku di rumah yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat dan kelima Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila 
• Sifat dan karakteristik manusia Indonesia berdasarkan bentuk dan sifat dinamika interaksinya dengan lingkungan alamnya 
• Upacara adat khas daerah sebagai aktivitas manusia Indonesia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi 
• Pantun tentang sifat dan karakteristik manusia Indonesia dalam kaitannya dengan lingkungan alam 
• Properti dalam tari 
Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang kehidupan berkebangsaan dan bernegara, teks bacaan koperasi, gambar lambang negara, gambar simbol-simbol sila Pancasila.

E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
  • Siswa membaca dan menyimak teks percakapan tentang Udin yang sedang sakit.
  • Siswa diminta untuk mengamati apa yang terjadi dalam percakapan tersebut dan menanyakan hal - hal yang berkaitan dengan percakapan tersebut.
  • Siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terdapat di dalam buku siswa.
  • Lanjutkan pada bacaan teks percakapan pada halaman berikutnya, siswa mendiskusikan pertanyaan - pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan tersebut.
  • Siswa menanyakan tentang ke lima sila dalam Pancasila.
  • Siswa mengidentifikasi pertanyaan tentang hubungan sila - sila Pancasila dengan sikap atau perilaku dalam kegiatan sehari - hari.
  • Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan yang terdapat didalam sebuah tabel.
  • Siswa menyebutkan alasan dari keterkaitan kegiatan yang mereka sebutkan itu dengan sila - sila dalam Pancasila.
  • Siswa melengkapi sebuah tabel dengan menyebutkan sila yang berkaitan dengan kegiatan tersebut dan menyebutkan alasannya.
  • Pada beberapa bagian dalam tabel siswa mencari gambar kegiatan yang sesuai dengan sila yang sudah tertera pada tabel.
  • Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang “taun seren”.
  • Siswa mengumpulkan informasi apa saja yang mereka temukan di dalam teks bacaan yang berkaitan dengan upacara seren.
  • Siswa menanyakan hal – hal apa saja yang ingin mereka ketahui lebih jauh tentang taun seren dengan mencari dari berbagai sumber.
  • Siswa menuliskan pertanyaan – pertanyaan mereka tersebut ke dalam sebuah kartu Tanya untuk kemudian berbagi tukar dengan siswa lain.
  • Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan tersebut di dalam buku. 
  • Guru menanyakan upacara adat yang mereka temui di lingkungan masyarakatnya. 
  • Siswa mengisi tabel nama kegiatan masyarakat beserta tujuan dari kegiatan itu dan memberikan gambar kegiatan tersebut.
  • Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam tabel, siswa menuangkannya ke dalam sebuah artikel sederhana berikut gambar – gambar yang menarik, berikan pemahaman siswa apa yang dimaksud dengan artikel. 
  • Siswa membuat pantun yang sesuai dengan bacaan artikel mereka, ingatkan kembali siswa syarat sebuah pantun. 
  • Tempelkanlah kedua hasil karya siswa tersebut di majalah dinding siswa.
  • Siswa berdiskusi tentang tarian yang merupakan sebuah bagian dari upacara adat seperti tari Buyung yang menggambarkan masyarakat sunda tengah mengambil air untuk pertanian.
  • Siswa mencoba menciptakan gerakan tari yang menggambarkan salah satu kegiatan masyarakat seperti kegiatan pertanian, perikanan, atau peternakan, misalnya gerakan yang menggambarkan kegembiraan masyarakat nelayan akan hasil laut mereka yang melimpah.
  • Mintalah siswa untuk menciptakan aksesoris pelengkap tarian mereka dari bahan yang mudah didapat dilingkungan sekitarnya.
  • Siswa berlatih tarian tersebut dengan menggunakan ritme berupa ketukan atau lagu yang sesuai sebelum menampilkannya didepan kelas.

c. Kegiatan Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.
Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran ke 6"

Post a Comment