RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran ke 2

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
Sub Tema               :  Hidup Rukun (ST1)
Pembelajaran ke     :  2
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran ke 2

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

SBdP
3.2 Mengenal harmoni musik dan lagu daerah. 
  • Memahani harmoni musik.

4.6 Memainkan alat musik ritmis secara berkelompok dengan iringan vokal lagu anak-anak dua suara.
  • Bermain alat musik ritmis secara berkelompok. 

PJOK
3.1 Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. 
  • Menyebutkan gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar (sepak bola). 
  • Menjelaskan cara melakukan gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar (sepak bola). 

4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar. 
  • Menendang bola dengan berbagai variasi dengan kontrol yang baik (sepak bola). 
  • Lempar tangkap bola dengan kontrol yang baik (sepak bola). 
  • Menggiring bola dengan kontrol yang baik (sepak bola). 

IPA
3.4 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengidentifikasi berbagai sumber listrik.
  • Menjelaskan rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi. 

4.3 Merancang dan membuat rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah 
  • Menggambar bagan rencana rangkaian seri dan paralel.

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku 
  • Menjelaskan pengertian ekspor dan impor.

4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
  • Mengidentifikasi unsur-unsur dalam iklan. 

C. Tujuan Pembelajaran 
  1. Dengan praktik dan pengamatan, siswa dapat menyebutkan gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar (sepak bola) dengan cermat. 
  2. Dengan praktik dan pengamatan, siswa dapat menjelaskan cara melakukan gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar (sepak bola) dengan 
  3. Dengan melakukan, siswa dapat menendang bola dengan berbagai variasi dengan kontrol yang baik (sepak bola) dengan percaya diri. 
  4. Dengan mempraktikkan siswa dapat melempar dan menangkap bola dengan kontrol yang baik (sepak bola) dengan percaya diri. 
  5. Dengan mempraktikkan, siswa dapat menggiring bola dengan kontrol yang baik (sepak bola) dengan percaya diri. 
  6. Dengan melakukan pengamatan dan menggali informasi dari bacaan, siswa dapat mengidentifikasikan sumber-sumber listrik dengan teliti. 
  7. Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat menceritakan macam-macam rangkaian listrik sederhana dengan cermat. 
  8. Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat menggambar bagan rencana rangkaian seri dan paralel dengan teliti. 
  9. Dengan menggali informasi dari berbagai sumber siswa dapat menjelaskan pengertian ekspor dan impor dengan percaya diri. 
  10. Dengan memainkan alat musik ritmis, siswa dapat menjelaskan harmoni musik dengan percaya diri.Dengan praktik, siswa bermain alat musik ritmis secara berkelompok dengan percaya diri. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi: 
  • Gerak kaki renang gaya dada, gerak ayunan/tarikan lengan, koordinasi gerak kaki dan lengan renang gaya dada. 
  • Bentuk-bentuk perdagangan bilateral 
  • Unsur-unsur surat penawaran. 
  • Unsur-unsur surat penawaran. 
  • Benda-benda yang bersifat konduktor dan isolator 
  • Rangkaian seri sumber arus searah 
  • Perbedaan alat musik ritmis dan melodis 

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang ekspor dan impor, teks bacaan tentang rangkaian listrik sederhana, alat musik ritmis.
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. 
  • Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
Siswa mengamati gambar.
  • Siswa memperhatikan kegiatan yang sedang dilakukan pada gambar tersebut.
  • Siswa memberikan pendapatnya tentang kegiatan yang dilakukan pada gambar.
  • Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar.
  • Siswa dengan bimbingan guru memulai kegiatan PJOK dengan kegiatan variasi pemanasan. 
  • Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru dan penjelasan tentang teknik menendang bola dengan kontrol yang tepat.
  • Siswa berlatih menendang bola secara bergantian. Latihan dilakukan sampai semua siswa mendapatkan giliran. Untuk kelas yang jumlah siswanya besar, bisa dibuat beberapa kelompok lingkaran supaya lebih efisien. 
  • Siswa mengakhiri kegiatan olahraga dengan saling bersalam-salaman untuk menunjukkan sikap sportif. 
  • Setelah siswa melakukan gerakkan menendang dengan kecepatan yang tepat, siswa melakukan kegiatan selanjutnya.
  • Siswa menjawab pertanyaan tentang kegiatan menendang bola yang baru saja dilakukan. 
  • Siswa menjelaskan cara menendang bola dengan teknik yang benar. 
  • Siswa mengerjakan tugas secara mandiri. 
  • Siswa membaca teks bacaan pada buku siswa mengenai sumber energi listrik. 
  • Siswa mengidentifikasi kata-kata tidak baku dalam bacaan tersebut di atas dengan cara menggaris bawahi. 
  • Siswa menuliskan dalam tabel kata-kata tidak baku yang ditemukan dari bacaan. 
  • Siswa menuliskan dalam tabel bentuk baku dari kata-kata tidak baku yang telah ditemukannya. 
  • Dari bacaan pada buku siswa, siswa telah mengetahui baterai sebagai salah satu sumber energi listrik. Selanjutnya, siswa mencari informasi mengenai sumber-sumber lain energi listrik. Informasi yang didapat dituliskan pada kotak yang telah disediakan dalam buku siswa.
  • Siswa membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri. 
  • Siswa memperhatikan gambar dan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti. 
  • Siswa memahami kosakata yang tidak diketahui.

          Kegiatan Pengembangan: 
          Guru menggali pemahaman siswa mengenai bacaan tentang rangkaian aliran listrik, misalnya
          dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut. 
          1. Ada berapa jenis rangkaian listrik? 
          2. Apa sajakah itu? Coba, sebutkan. 
          3. Apa sifat-sifat dari setiap jenis rangkaian listrik? Coba, sebutkan. 
  • Siswa memperhatikan gambar dan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan tentang pentingnya rangkaian aliran listrik secara cermat dan teliti. 
  • Siswa membuat tabel yang menjelaskan rangkaian lampu listrik seri dan paralel.
  • Siswa membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri. 
  • Siswa menuliskan pengertian impor dan ekspor dalam kotak pada buku siswa. 
  • Siswa membaca instruksi yang ada pada buku siswa dengan cermat.
  • Siswa menggali informasi tentang alat musik ritmis.
  • Siswa praktik bermain alat musik sederhana. Guru dapat membagi siswa ke dalam beberapa kelompok. 
  • Siswa memainkan alat musik ritmis yang ada di sekitar secara bersamaan. 

Dari kegiatan tersebut, siswa menjelaskan mengenai harmoni musik.
REMEDIAL 
Latihan 1 Apakah energi? 
Latihan 2 Sebutkan sumber-sumber energi listrik! 
Latihan 3 Pilihlah kosa kata baku yang tepat 
a. Energi c. Listrik 
b. Baterai d. Ekspor 
Latihan 4 Apakah yang dimaksud dengan rangkaian listrik seri? 
Latihan 5 Apakah yang dimaksud dengan impor? 
PENGAYAAN 
Latihan 1 Mengapa kerja sama tim sangat penting dalam pertandingan olahraga? 
Latihan 2 Bagaimana benda elektronik bisa bekerja? 
Latihan 3 Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel? 
Latihan 4 Apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis? 
Latihan 5 Sebutkan beberapa alat musik ritmis yang kamu ketahui!

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. 
  • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. 
  • Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. 
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. 
  • Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran ke 2"

Post a Comment