RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran ke 1

Kelas/Semester       :  5/1
Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
Sub Tema               :  Hidup Rukun (ST1)
Pembelajaran ke     :  1
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti

  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran ke 1

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Matematika
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala.
• Menjelaskan perbandingan.
• Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan.

4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
• Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
• Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
• Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Mencari iklan tentang ekspor impor.
• Mengamati iklan tentang ekspor impor.
• Menuliskan kosakata baru yang digunakan dalam iklan dan artinya.

4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
• Menjelaskan isi iklan.

C. Tujuan Pembelajaran
  • Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu mencari iklan tentang ekspor impor dengan teliti.
  • Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat mengamati iklan tentang ekspor impor dengan cermat.
  • Dengan mencermati sebuah iklan, siswa mampu menuliskan kosa kata baru yang digunakan dalam iklan dan mendefinisikan artinya dengan mandiri.
  • Dengan mencermati iklan dan berdiskusi siswa dapat menjelaskan isi sebuah iklan dengan percaya diri.
  • Dengan mengolah informasi dari sebuah cerita kontekstual, siswa mampu menjelaskan tentang perbandingan dan menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan cermat.
  • Dengan mencermati tabel informasi harga, siswa mampu menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan percaya diri.
  • Dengan berlatih menyelesaikan soal cerita, siswa mampu memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan memeriksa kebenaran jawabannya dengan bertanggung jawab.

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
  • Iklan tentang ekspor impor
  • Kosa kata dalam iklan dan artinya
  • Isi sebuah iklan
  • Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
  • Strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
  • Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang ekspor dan impor, isi sebuah iklan, konsep perbandingan
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. 
  • Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya.
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti
  • Siswa mengamati kegiatan yang terdapat pada gambar.
  • Siswa mencermati gambar dan tulisan yang terdapat pada kardus dalam gambar.
  • Siswa mencatat semua informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan gambar.
  • Siswa memperhatikan telepon genggam yang ditunjukkan guru dan gambar telepon genggam pada buku siswa. (Guru dapat membawa beberapa contoh gambar telepon genggam).
  • Siswa mengamati telepon genggam atau gambar telepon genggam.
  • Siswa menyebutkan hal-hal yang diketahui tentang telepon genggam.
  • Siswa menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui berdasarkan hasil pengamatan mereka pada tabel.
  • Siswa membuat pertanyaan menggunakan kalimat tanya yang tepat.
  • Siswa menulis pertanyaannnya dalam kolom yang tersedia di buku siswa.
  • Siswa membaca instruksi di buku siswa secara mandiri.
  • Siswa diberi stimulus rasa ingin tahu dengan menjawab pertanyaan-pertanyan pancingan seperti: Apa arti ekspor dan impor? Mengapa suatu Negara melakukan kegiatan ekspor dan impor?
  • Siswa mencari informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
  • Siswa menggali informasi tentang manfaat ekspor dan impor dalam suatu negara.
  • Siswa mengisi tabel di buku siswa.
  • Siswa melakukan diskusi tentang bagaimana sebuah barang ditawarkan dan dipasarkan (guru memberi bimbingan dan mengarahkan diskusi ke topik pembicaraan tentang iklan).
  • Siswa secara mandiri mencari contoh iklan dan menempelkannya pada buku siswa atau buku tugas.
  • Siswa mengamati contoh iklan tersebut dengan cermat dan menuliskan kosa kata yang mereka temukan dalam iklan tersebut.
  • Siswa mendiskusikan arti kosa kata dalam iklan yang mereka temukan dan menyajikan hasil diskusinya dalam bentuk tabel.
  • Siswa mencermati dan memahami cara menuliskan perbandingan harga dua telepon genggam yang tertulis pada buku siswa.
  • Siswa memahami berbagai kemungkinan perbandingan jika diketahui harga dua telepon genggam.
  • Siswa menghitung banyak siswa laki-laki dan perempuan di kelasnya, lalu menuliskan perbandingan-perbandingan yang diminta dalam tabel.

REMEDIAL
  1. Apakah yang dimaksud ekspor itu?
  2. Apakah yang dimaksud dengan import itu?
  3. Bagaimanakah bentuk perbandingannya jika harga sepatu A= Rp. 100.000,- dan sepatu B= Rp. 150.000,-?

PENGAYAAN
  1. Analisalah pernyataan berikut: “Jumlah ekspor suatu negara mempengaruhi jumlah pendapatan negara.”
  2. Amatilah lingkungan sekitarmu. Temukan 3 contoh perbandingan.

c. Kegiatan Penutup
  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. 
  • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. 
  • Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. 
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
  • Penilain Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
  • Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.

2. Instrumen Penilaian
  • Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
  • Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.

*) Format Penilaian terlampir
    Klik disini

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran ke 1"

Post a Comment