RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran ke 3

Kelas/Semester      :  5/1
Tema                      :  Kerukunan dalam Bermasyarakat (T3)
Sub Tema               :  Hidup Rukun (ST1)
Pembelajaran ke    :  3
Alokasi waktu        :  1 Hari

A. Kompetensi Inti 

  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 
RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran ke 3

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Mengidentifikasi unsur-unsur dalam iklan.

4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi.antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Menjelaskan unsur-unsur dalam iklan.

Matematika
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala.
Melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan.
Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan.

4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.
Memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan.

PPKn
3.4 Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat
Mengelompokkan contoh dan bukan contoh tentang perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di rumah.

4.4 Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat.
Memeragakan aktivitas anggota keluarga yang mencerminkan penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

C. Tujuan Pembelajaran

  • Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat menceritakan pentingnya menjaga kerukunan dengan cermat. 
  • Dengan mengamati gambar, siswa dapat memberi contoh perilaku yang menunjukkan persatuan dan kesatuan di rumah dengan percaya diri. 
  • Berdasarkan pengalaman dan pengamatan lingkungan sekitar, siswa dapat menyebutkan contoh perilaku yang tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan di rumah dengan cermat. 
  • Dengan berhitung, siswa dapat melakukan operasi hitung dengan menggunakan perbandingan dengan teliti. 
  • Dengan kegiatan berhitung, siswa dapat memecahkan masalah perbandingan dengan cermat. 
  • Dengan kegiatan berhitung, siswa dapat menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan cermat. 
  • Dengan berhitung, siswa dapat menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan cermat. 
  • Dengan berhitung siswa dapat memeriksa kebenaran jawaban dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan teliti. 
  • Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat mengidentifikasikan unsur-unsur sebuah iklan dengan percaya diri. 
  • Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat menjelaskan unsur-unsur iklan dengan teliti. 

D. Materi, Sumber dan Media Pembelajaran
Materi:
manfaat dari perbuatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah
bentuk-bentuk perdagangan regional
unsur-unsur surat perdagangan
operasi hitung dengan menggunakan skala
masalah yang berkaitan dengan konsep skala

Sumber: Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah. Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 SD/MI Semester 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
Media: Buku, teks bacaan tentang kerukunan hidup, contoh-contoh iklan, konsep perbandingan
E. Metode Pembelajaran
Scientific/Cooperative Learning, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).

F. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan

  • Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya. 
  • Guru mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. 
  • Guru membuka pelajaran dengan sesuatu yang menarik perhatian siswa, seperti bercerita, bertanya jawab, bernyanyi, bertepuk dinamika, melakukan permainan, mendemonstrasikan sesuatu, memberikan masalah dan sebagainya. 
  • Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan      pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti

  • Siswa memperhatikan kegiatan yang sedang dilakukan pada gambar tersebut.
  • Siswa memberikan pendapatnya tentang kegiatan yang dilakukan pada gambar.
  • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyan pancingan untuk menstimulus rasa ingin tahu. Pertanyaan-pertanyaan tersebut misalnya: Mengapa kita harus hidup rukun? Bagaimana jika kita tidak menjaga kerukunan hidup? 
  • Guru menulis jawaban siswa di papan tulis. 
  • Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar.
  • Setelah mengamati gambar, siswa mengisi tabel perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.
  • Siswa membaca konsep perbandingan pada buku siswa. 
  • Siswa menuliskan cara menyelesaikan masalah perbandingan cengan cara lain yang diketahuinya. Penyelesaian ditulis pada kotak yang telah disediakan pada buku siswa. 
  • Kegiatan tersebut dilakukan secara mandiri.
  • Siswa mengamati contoh-contoh iklan pada buku siswa. Apabila dirasa perlu, siswa dapat mencari contoh lain dari buku, surat kabar, majalah, atau internet. 
  • Setelah mengamati contoh-contoh iklan, siswa mengidentifikasi unsur-unsur pada iklan. 
  • Dari hasil pengamatan itu, siswa menuliskan unsur-unsur iklan pada kotak yang telah disediakan pada buku siswa. 

REMEDIAL
Sebutkan unsur-unsur iklan!
Pak Dodi seorang penjual buah. Hari ini Pak Dodi menjual 15 kg jeruk dan 20 kg melon. Dari 15 kg jeruk terjual 10 kg. Adapun buah melon terjual 20 kg.
a. • Berapakah banyak buah jeruk yang dibawa Pak Dodi?
    • Berapakah banyak buah jeruk yang terjual?
    • Berapakag perbandingan antara buah jeruk yang dibawa dengan yang dijual?
b. • Berapakah banyak buah melon yang dibawa Pak Dodi?
    • Berapakah banyak buah melon yang terjual?
    • Berapakah perbandingan antara buah melon yang dibawa dengan yang dijual?

PENGAYAAN 
Carilah sebuah iklan barang di surat kabar. Kemudian analisalah unsur-unsur iklan tersebut sesuai dengan materi yang sudah kamu pelajari.

c. Kegiatan Penutup

  • Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran. 
  • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. 
  • Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Guru menyampaikan pesan moral pembelajaran hari ini. 
  • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran. Salam dan do’a penutup.

Bentuk komunikasi dengan orang tua/wali:
a. Guru meminta orang tua/wali membaca dan menandatangani hasil tugas peserta didik.
b. Guru memberikan informasi secepatnya, bilamana anaknya bermasalah dalam belajar di kelas.

G. Penilaian *)
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan.
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses: Penilaian Kinerja, Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar: Pilihan ganda, Isian singkat, Esai atau uraian.
*) Format Penilaian terlampir.

0 Response to "RPP Kelas 5 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran ke 3"

Post a Comment